Sebelum ke Puncak Lawang, api Asian Games menginap semalam di Pekanbaru

id Api Asian Games,Puncak Lawang,Sumbar

Logo Asian Games Ke-18. (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Pekanbaru, (Antaranews Sumbar) - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau, Doni Aprialdi menyatakan api obor Asian Games 2018 akan menginap semalam di Kota Pekanbaru, pada 1 Agustus.

"Riau merupakan jalur ke-27 yang dilewati api obor Asian Games setelah start tanggal 15 Juli 2018 dari Delhi India, dan pada jalur ke-18 masuk provinsi di Indonesia," kata Doni di Pekanbaru, Rabu.

Api Asian Games akan berada di Pekanbaru pada Rabu (1/8), diinapkan di Gedung Daerah Jalan Gajah Mada, Pekanbaru, sebelum bertolak ke Puncak Lawang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat pada esok harinya.

Doni menjelaskan untuk proses inap api Asian Games pihaknya sudah menyiapkan lokasi di Gedung Daerah. Akan ada petugas khusus untuk penjaga api tetap menyala, karena menggunakan gas.

"Nanti api akan ditaruh pada panggung khusus yang dilengkapi dengan tempat tatakan api di Gedung Daerah," ujar Doni.

Menurut dia sebelum ke Pekanbaru, api bertolak dari Sumatera Utara pukul 14.00 WIB 1 Agustus dan mendarat di Lapangan Udara Roesman Nurdjadin, langsung disambut Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachmatim serta Forkompinda dan tarian persembahan.

Selanjutnya obor akan menuju Kabupaten Siak menjelang magrib, untuk dilakukan penyambutan oleh Bupati dan Uspida setempat.

"Acara kemeriahan digelar di halaman Istana Siak hingga malam harinya, yang diramaikan oleh aneka tarian, " ujar dia.

Lalu menjelang tengah malam sekitar pukul 22.00 WIB api dan tim bertolak ke Pekanbaru untuk disemayamkan hingga pagi di Gedung Daerah sebelum di arak keliling kota Kamis pagi (2/8).

Akan ada sekitar seribuan massa mulai dari Gubernur, Forkompinda, dan atlet, pelajar serta lainnya ikut mengarak api Asian Games dengan rute start dari Kantor Gubernur Riau menuju Purna MTQ.

Kemudian lanjut ke Bandar Udara Pekanbaru untuk dihantarkan keberangkatannya menuju Puncak Lawang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Kamis sekitar 10.30 WIB.

"Tujuan arak-arakan ini agar semua warga Pekanbaru khususnya dan Riau umumnya mengetahui bahwa Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games ke-18," kata Doni Aprialdi.

Karena itu ia mengimbau agar semua masyarakat Riau ikut menyemarakkan pesta olahraga ini yang bisa um tentu akan dituanrumahi lagi oleh Indonesia lima tahun mendatang.

"Ayok kita semarakkan Asian Games, kita doakan atlet Indonesia khususnya dari Riau sebanyak 24 orang. Semoga mereka mendapat prestasi yang gemilang, " pungkasnya.

Perlu diketahui sebanyak 24 atlet dari berbagai cabang olahraga (cabor) asal Riau diikutsertakan pada pertandingan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang pada Agustus mendatang.

"24 atlet ini akan membawa nama Riau dan Indonesia dalam event Asian Games, " kata Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Riau, Emrizal Pakis di Pekanbaru, Senin.

Emrizal Pakis menyebutkan ke 24 atlet tersebut terdiri dari enam cabang olahraga yang masing-masing yakni taekwondo ada lima atlet, senam tiga, olahraga dayung enam, sementara takraw dua, anggar enam dan renang dua. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar