Kemenag harapkan MTQ perdalam pemahaman umat terhadap Al Quran

id MTQ

Sejumlah qori dan qoriah melintas di depan panggung saat parade kafilah per kecamatan pada MTQ Nasional yang ke 46 tingkat Kabupaten Padang Pariaman di 2x11 Enam Lingkung, Jumat malam (6/7). (Antara Sumbar/Aadiaat M.S)

MelaluiĀ  MTQ ini dapat merangsang umat untuk mempelajari ajaran Islam dan memperdalamnya
Parit Malintang, (Antaranews Sumbar) - Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Sumatera Barat, Hendri berharap pelaksanaan musabaqah tilawatil quran (MTQ) yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dapat memperdalam pemahaman warga terhadap Al Quran.

"Dengan adanya MTQ diharapkan dapat merangsang kembali tujuan dari diturunkannya Al Quran oleh Allah SWT," kata dia saat membuka MTQ Nasional ke 46 tingkat Kabupaten Padang Pariaman di 2x11 Enam Lingkung, Jumat malam (6/7).

Ia mengatakan Al Quran diturunkan sebagai petunjuk dan inspirasi umat agar menjalani kehidupan yang bermakna dan mewujudkan kehidupan yang Islami.

Dengan mempedomani Al Quran maka dapat menjauhkan umat Islam dari perilaku menyimpang dan penyakit masyarakat.

"Melalui MTQ ini dapat merangsang umat untuk mempelajari ajaran Islam dan memperdalamnya," ujarnya.

Ia mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman yang melaksanakan MTQ satu kali setahun sehingga pembinaan terhadap qori dan qoriah akan semakin baik serta dapat bermanfaat untuk warga dalam pengamalan Al Quran.

"Ini merupakan bentuk penghargaan pemerintah daerah (Pemda) dan masyarakat terhadap Al Quran," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur mengatakan pihaknya bertekad untuk menekan terjadinya perilaku menyimpang dan penyakit masyarakat melalui MTQ dan pembinaan keagamaan.

"Padang Pariaman memiliki banyak pesantren sehingga dikenal dengan seribu pesantren sehingga layak disebut dengan nama serambi mekah," katanya.

Apalagi Padang Pariaman itu merupakan daerah awal masuknya agama Islam di Minangkabau.

Ia berharap warga daerah itu memiliki kecintaan terhadap Al Quran dan mempedomaninya dari daerah lainnya.

Oleh karena itu ia mengajak warga di daerah itu untuk mengurangi kegiatan yang tidak bermanfaat dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan.

"Sekarang mari kita budayakan mengaji dan kumandangkan Al Quran di rumah-rumah," ujarnya.

MTQ di Padang Pariaman memperlombakan sembilan cabang yang diselenggarakan dari 6 sampai 9 Juli 2019 yang diikuti oleh 17 kecamatan.

Anggota DPD RI Leonardy Harmainy mengapresiasi Pemda Padang Pariaman yang fokus dalam pembinaan agama melalui MTQ yang dilaksanakan satu kali setahun.

"Daerah lain saja satu kali setahun," ujar dia.

Anggota DPR RI John Kenedy Aziz mengharapkan melalui MTQ dapat menekan perilaku menyimpang di antaranya LGBT yang marak terjadi akhir-akhir ini.

"Saya yakin apabila mereka memahami dan mengamalkan Al Quran maka baik LGBT, narkoba, maupun kenakalan remaja tidak akan terjadi," tegasnya

Melalui MTQ tersebut, lanjutnya diharapkan juga terjaring qori dan qoriah terbaik sehingga dapat bertarung ke tingkat selanjutnya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar