Sekolah swasta harus lebih berkualitas dari negeri, kata Mendikbud (video)

id Mendikbud,sekolah swasta,kualitas sekolah swasta

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meresmikan Edotel SMK Pariwisata Aisyiyah Sumatera Barat di Kota Padang, Jumat. (Antara Sumbar/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Muhadjir Effendy menyatakan sekolah swasta harus memiliki kualitas yang lebih baik dari sekolah negeri jika ingin terus mendapatkan murid setiap tahunnya.

"Kalau kualitasnya rendah tentu siswa tidak akan mau bersekolah di sekolah swasta karena saat ini sekolah negeri memiliki kualitas baik dan tidak dipungut biaya," katanya saat meresmikan Edotel SMK Pariwisata Aisyiyah di Padang, Jumat.

Menurutnya sekolah swasta harus memperbaiki kualitas mereka baik dari bidang sarana dan prasarana maupun sumber daya manusia agar menjadi lebih berkompeten.

Ia mencontohkan SMK Pariwisata Aisyiyah yang saat ini akan membangun Edotel atau hotel pendidikan untuk siswa mereka yang akan menjalani praktik lapangan.

"Kualitas harus terus ditingkatkan menjadi lebih baik sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang ingin bersekolah di sekolah swasta," katanya.

Menurut dia ada empat program keahlian yang didorong oleh pemerintah yaitu kelautan, pariwisata, pertanian produktif dan bidang kreatif.

"Kita mendukung langkah masyarakat yang ingin membangun sekolah dengan syarat harus melengkapi ketentuan yang ada dan tentu dengan kualitas yang lebih baik," katanya.

Sementara Ketua PW Aisyiyah Sumatera Barat Meiliarni Rusli mengatakan pihaknya membangun sekolah pariwisata karena daerah ini merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia.

"Keunggulan Sumbar sebagai destinasi wisata halal dan kuliner sehingga ini menjadi patokan kami membuat sekolah ini," kata dia.

Pihaknya akan membangun hotel bintang tiga dengan bangunan tiga lantai, hotel itu rencananya akan memiliki kapasitas 40 kamar menjadi tempat praktik siswa SMK Pariwisata Aisyiyah.

"Saat ini kami baru memiliki lahan dan mengumpulkan dana untuk membangun Edotel SMK Pariwisata Aisyiyah ini," kata dia. (*)

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar