Kemdikbud sebut ikut serta berpartisipasi kembangkan sepak bola nasional (Video)

id gala siswa indonesia, sepak bola

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy (topi hitam di tengah) Wali Kota Padang Mahyeldi (topi merah) bersama dua kesebelasan usai membuka Gala Siswa Indonesia kota Padang pada Jumat, (6/7) di Lapangan Imam Bonjol (Antara Sumbar/Ikhwan Wahyudi)

Mulai Juli akan dilanjutkan dengan pertandingan tingkat provinsi dan pada September akan ada pertandingan tingkat nasional
Padang, (Antaranews Sumbar) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ikut serta berpartipasi dalam pengembangan sepak bola nasional lewat penyelenggaraan Gala Siswa yang merupakan kompetisi sepak bola antar SMP se-Indonesia.

"Berdasarkan arahan Presiden, kementerian terkait diminta berpartisipasi dalam percepatan pembangunan sepak bola nasional, kami menyelenggarakan Liga Sepak Bola Siswa dan sekarang berganti menjadi Gala Siswa Indonesia," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di Padang, Jumat.

Ia menyampaikan itu usai membuka Gala Siswa Indonesia tingkat Kota Padang didampingi Wali Kota Padang Mahyeldi di Lapangan Imam Bonjol.

Menurutnya Gala Siswa Indonesia merupakan kompetisi tahunan sepak bola untuk pelajar SMP dan saat ini hampir seluruh kabupaten dan kota sudah menyelesaikan.

"Mulai Juli akan dilanjutkan dengan pertandingan tingkat provinsi dan pada September akan ada pertandingan tingkat nasional," kata dia.

Ia menyampaikan gala siswa diselenggarakan dalam rangka untuk pembibitan calon pemain sepak bola profesional di Tanah Air agar Indonesia bisa sejajar dengan negara maju lain.

"Kami akan bekerja sama dengan KONI untuk menjaring bibit sepak bola potensial kemudian akan dibina lebih lanjut bersama PSSI," katanya lagi.

Selain itu pelaksanaan Gala Siswa juga termasuk bagian dari memeriahkan pelaksanaan Asian Games 2018 selain beberapa kegiatan lain.

Sementara Wali Kota Padang Mahyeldi menyampaikan pihaknya memiliki komitmen untuk mengembangkan sepak bola di kalangan pelajar dengan rutin menyelenggarakan Liga Pelajar Indonesia.

"Padang ingin olahraga menjadi gaya hidup termasuk bagi pelajar agar hadir generasi muda yang berkualitas," kata dia.

Menurutnya selain mencetak generasi yang sehat pihaknya juga berkepentingan mencari bibit baru pemain sepak bola andalan.

Gala Siswa Indonesia selain merupakan aktivitas yang bermanfaat juga akan melahirkan generasi yang cerdas secara intelektual dan punya fisik yang prima, katanya. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar