Festival lima danau jadi magnet kunjungan wisata ke Solok pada libur lebaran

id kunjungan wisata ke solok,festival lima danau solok,libur lebaran di Solok

Panorama bukit Cambai di Kabupaten Solok. (Antara Sumbar/ Tri Asmaini)

Arosuka, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 165.392 wisatawan mengunjungi pelbagai kawasan wisata di Kabupaten Solok, Sumatera Barat selama libur lebaran 1439 Hijriah dari 15 hingga 20 Juni 2018.

"Alhamdulillah kunjungan cukup banyak. Apalagi diadakan festival lima danau dengan mengundang band nasional Naff, kunjungan paling banyak pada H+2 hingga H+7 lebaran," kata Kepala Dinas Pariwisata Yandra Frasat di Arosuka, Rabu.

Ia menyebutkan kunjungan wisata paling banyak ke Bukik Cinangkiak dengan 120.000 orang, kemudian ke Alahan Panjang Resort 30.000 orang, ke Puncak Gobah 4.800 orang, ke Pesanggrahan Danau Singkarak sebanyak 3.000 orang.

Lalu ke Dermaga Danau Diateh sebanyak 3.000 orang, Panorama Danau Kembar sebanyak 2.080 orang, Pemandian air panas Aia Angek Bukik Kili 1.877 orang dan Aie Angek Bukik Gadang sebanyak 635 orang.

Beberapa tempat wisata masih ada yang dikelola masyarakat, seperti Aie Angek Bukik Kili, dan ada yang bekerja sama dengan pihak ketiga dan dikelola langsung oleh swasta seperti Bukik Cinangkiak.

Festival Lima Danau yang diselenggarakan di Alahan Panjang Resort juga menjalin kerja sama dengan pihak ketiga untuk mempermudah mengontrol kunjungan yang datang.

Selama libur lebaran, katanya tidak ditemukan laporan atau keluhan dari masyarakat tentang adanya pungutan liar ataupun hal-hal yang tidak menyenangkan yang dilakukan petugas.

"Sebelum libur lebaran, kita juga telah mengadakan sosialisasi antisipasi pungli kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), petugas parkir, masyarakat terkait agar tidak ada lagi praktek pungli yang meresahkan wisatawan," katanya.

Ia berharap kunjungan wisatawan dapat terus meningkat nantinya, seiring dengan banyaknya fasilitas dan sarana pariwisata yang ditambah dan diperbaiki. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar