Kata koordinator Kopertis X kampus perlu tingkatkan akreditasi gaet mahasiswa berkualitas

id kopertis

Kata koordinator Kopertis X kampus perlu tingkatkan akreditasi gaet mahasiswa berkualitas

Koordinator Kopertis wilayah X Prof Herri (ANTARA SUMBAR/M R Denya Utama)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Koordinator Kopertis wilayah X Prof Herri mengatakan kampus swasta di bawah binaan lembaganya harus memperkuat nilai akreditasi institusi atau program studi untuk menggaet mahasiswa berkualitas.

"Masyarakat sudah cerdas saat ini, akreditasi dan nama menjadi pertimbangan untuk memilih kampus," ujarnya di Padang, Rabu.

Menurutnya kampus dengan akreditasi B atau program studi dengan akreditasi A cenderung menjadi pilihan masyarakat untuk berkuliah.

Hal ini menandakan masyarakat sudah memahami kampus dengan nilai akreditasi B atau A memiliki kelengkapan secara sarana, struktural dan akademi.

Sebab penilaian akreditasi juga meliputi struktural pimpinan, dosen, sarana lengkap mulai dari kantor, ruang kuliah, laboartorium dan perpustakaan serta suasanan civitas akademika yang kondusif.

Bila dilihat gambaran ujar Herri, 28 kampus dari 250 dengan nilai B institusi cenderung memiliki banyak prestasi mulai dari struktural, akademi dan mahasiswa.

Hal yang sama juga program studi dengan akreditasi A dan B yang mencapai 486 dari 946 kampus yang ada dinilai memiliki mahasiswa dengan kemampuan di atas rata-rata.

Prestasi ini memang tidak tertutup kemungkinan pada kampus dengan nilai akreditasi C ke bawah, hanya saja akan terbatas dalam berbagai hal.

Terlebih pemahaman masyarakat pada kampus bagus atau tidak semakin meningkat, tentu perlu upaya keras dari kampus meningkatkan kualitasnya.

Dalam hal ini Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi terus melakukan pendampingan atau bantuan kepada kampus yang ingin meningkatkan akreditasinya.

Dia berharap program yang masuk melalui Kopertis tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik serta 250 kampus di Sumbar, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau memiliki nilai akreditasi merata.

Harapan ini khususnya diberikan kepada kampus atau prodi yang telah belasan dan puluhan tahun berdiri, namun mendorong kampus atau prodi yang baru beberapa tahun berdiri untuk bersiap meningkatkan nilai akreditasinya. (*)