Durian Pesisir nan lezat laris hingga ke Batam dan Jakarta

id durian

Pedagang berjualan buah durian di Painan tepatnya di sisi Jalan Lintas Sumatera Padang-Bengkulu (Antara Sumbar / Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Buah Durian asal Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat berhasil menembus pasar Kota Batam dan Jakarta karena kualitas buahnya yang baik dan rasa yang lezat.

"Pada musim durian kali ini belasan ton durian dikirim ke dua daerah tersebut setiap hari," kata seorang pedagang durian, Ikal (43) di Painan, Sabtu.

Ia mengatakan agar buah durian tetap segar hingga ke pembeli pihaknya mengirim menggunakan truk yang lengkap dengan mesin pendingin.

Sementara untuk mengumpulkan durian dari pohon, pihaknya mengerahkan beberapa anak buah ke beberapa kecamatan.

"Kecamatan Sutera dan Lengayang merupakan lokasi paling banyak memproduksi buah durian, agar mendapat buah yang segar kami langsung mendatangi kebun para petani," ungkapnya.

Harga per buah buah durian yang dibeli tergantung banyak atau sedikitnya buah durian, jika semakin banyak maka akan semakin murah begitu sebaliknya.

"Kisarannya antara Rp5 ribu hingga Rp15 ribu per buah tergantung besar buah hingga banyaknya," sebutnya.

Saat ini harga buah durian cenderung mahal karena baru akan memasuki musimnya berbeda dengan dua atau tiga pekan lagi akan banjir di pasar sehingga harganya relatif lebih murah.

Kendati demikian pihaknya mengaku saat ini pedagang buah durian baik di Batam maupun di Jakarta telah menghubungi untuk segera mengirimkan si raja buah itu.

Di Pesisir Selatan terdapat berbagai varietas buah durian mulai dari durian kunik, manggi, jantuang, taruang, kambuik dan lainnya. Nama-nama ini diberikan berdasarkan bentuk hingga hingga warna daging buah durian.

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar