Bupati Pasaman Barat minta calon jamaah haji luruskan niat sebelum ke tanah suci

id syahiran

Bupati Pasaman Barat, Syahiran menyalami calon jamaah haji saat manasik haji di Balerong Pasaman Barat, Kamis (28/6). (Antara Sumbar/Altas Maulana)

Perbaiki hubungan sesama keluarga dan masyarakat sebelum berangkat. Lakukan juga syukuran sambil bersedekah dan niatkan hati berangkat ke tanah suci hanya untuk beribadah
Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Bupati Pasaman Barat, Sumatera Barat, Syahiran meminta calon jamaah haji kloter 6 asal Pasaman Barat untuk meluruskan niat dan mensucikan hati sebelum berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci.

"Mari sama-sama luruskan niat sebelum berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci," katanya saat membuka bimbingan manasik haji tingkat kabupaten di Simpang Empat, Kamis.

Ia mengatakan persoalan hati adalah komponen utama yang harus benar-benar dibersihkan dari segala hal yang dapat merusak nilai ibadah haji CJH nantinya.

"Perbaiki hubungan sesama keluarga dan masyarakat sebelum berangkat. Lakukan juga syukuran sambil bersedekah dan niatkan hati berangkat ke tanah suci hanya untuk beribadah," ungkapnya.

Menurutnya, ibadah haji merupakan perjalanan ibadah yang cukup panjang, namun walapun demikian, ibadah tersebut tidak pernah membosankan untuk dilaksanakan.

Betapa tidak, setiap sepulangnya dari tanah suci, keinginan untuk kembali sudah terasa muncul dalam diri jemaah.

"Bersyukur kita bisa diberikan kesempatan untuk berangkat haji. Jaga kesehatan fisik dan disiplin dalam melaksanakan ibadah haji di tanah suci dan doakan Pasaman Barat agar tetap aman damai dan tentram," katanya.

Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Sumbar, Hendri mengapresiasi perhatian Bupati Pasaman Barat terhadap fasilitas, pembinaan dan pelayanan CJH asal Pasaman Barat.

"Penkab Pasaman Barat sangat besar perhatiannya kepada CJH. Manasik haji saja dilakukan di gedung Pemkab, begitu juga dengan transportasi jamaah menuju Asrama Haji Padang juga disediakan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor kemenag Pasaman Barat, Miswan menyampaikan pada tahun 2018 akan diberangkatkan 281 orang yang tergabung pada kloter 6 pada 2 Agustus menuju asrama haji Padang .

Selanjutnya akan diberangkatkan dari Bandara Udara Minangkabau (BIM) menuju Madinah pada tanggal 3 Agustus 2018.

"Mudah-mudahan seluruh jemaah dapat berangkat dengan sehat dan menjadi haji yang mabrur," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar