Danlantamal II Padang ajak masyarakat jaga laut agar ikan berkembangbiak

id Agus Sulaeman

Danlantamal II Padang ajak masyarakat jaga laut agar ikan berkembangbiak

Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) II Padang, Laksma TNI Agus Sulaeman. (Antara Sumbar/Didi Someldi Putra)

Jika ekosistem laut terjaga maka ikan-ikan akan berkembangbiak dengan maksimal, dan pastinya akan menguntungkan masyarakat terutama nelayan
Painan, (Antaranews Sumbar) - Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) II Padang, Laksma TNI Agus Sulaeman mengajak masyarakat Sumbar untuk menjaga laut agar ekosistemnya tetap terjaga.

"Jika ekosistem laut terjaga maka ikan-ikan akan berkembangbiak dengan maksimal, dan pastinya akan menguntungkan masyarakat terutama nelayan," kata dia usai panen ikan kerapu di perairan Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan, Kamis.

Namun tambahnya, jika laut tidak dijaga ikan-ikan tidak akan berkembangbiak dengan maksimal, dan nelayan akan kesulitan mendapatkannya.

Menjaga laut dapat dilaksanakan dengan tidak membuang sampah ke laut, terutama sampah plastik karena butuh waktu ratusan tahun agar sampah jenis ini terurai.

Ia juga mengajak masyarakat agar melaporkan jika mengetahui adanya tindakan yang merusak ekosistem laut seperti menangkap ikan menggunakan bom, atau menggunakan alat tangkap yang dilarang seperti pukat harimau dan lainnya.

"Kami siap menerjunkan personel jika ada kegiatan-kegiatan yang berpotensi merusak ekosistem laut," katanya.

Selain menunggu laporan masyarakat, pihaknya juga melaksanakan operasi berkala untuk meminimalkan tindakan yang merusak laut.

Dalam pelaksanaannya pihaknya bekerja sama dengan pemerintah provinsi, kabupaten dan juga aparat kepolisian.

Sebagai upaya lanjutan dalam menjaga agar ekosistem laut tetap terjaga pihaknya melakukan beberapa kegiatan seperti menanam ulang terumbu karang yang rusak dan lainnya.

"Perairan Pesisir Selatan merupakan salah satu tempat yang kami jadikan sebagai lokasi menanam terumbu karang," katanya. (*)