Komandan Lantamal II Padang panen ikan kerapu di kawasan Mandeh

id panen ikan kerapu

Komandan Lantamal II Padang panen ikan kerapu di kawasan Mandeh

Komandan Lantamal II Padang Laksma TNI Agus Sulaeman, Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni dan pejabat lainnya saat panen ikan kerapu di perairan Mandeh. (ist)

Panen ikan ini dilaksanakan oleh seluruh pangkalan utama angkatan laut di Indonesia dan kegiatan ini kami laporkan secara bersamaan
Painan, (Antaranews Sumbar) - Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) II Padang, Sumatera Barat, memanen ikan kerapu budidaya keramba apung di perairan Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan, Kamis.

Panen tersebut dipimpin oleh Komandan Lantamal II Padang Laksma TNI Agus Sulaeman beserta jajaran, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Sumatera Barat, Yosmeri, Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni dan lainnya.

Laksma TNI Agus Sulaeman usai kegiatan menyebutkan budidaya ikan kerapu sangat potensial dikembangkan oleh masyarakat, terutama mereka yang menetap di daerah pesisir.

Apalagi terdapat beberapa lokasi di daerah setempat yang bisa dimanfaatkan seperti di perairan Mandeh, Sungai Nipah, Kecamatan IV Jurai dan juga Sungai Bungin, Kecamatan Batang Kapas.

Selain itu ikan kerapu juga dijual dengan harga tinggi baik di pasar dalam maupun luar negeri.

Menurutnya, panen yang dilaksanakan sebagai upaya untuk memunculkan minat masyarakat dalam budidaya ikan kerapu.

"Panen ikan ini dilaksanakan oleh seluruh pangkalan utama angkatan laut di Indonesia dan kegiatan ini kami laporkan secara bersamaan," ungkapnya.

Sementara itu Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni menyebutkan sejak 2010 pemerintah kabupaten setempat fokus membina masyarakat dalam hal pembudidayaan ikan kerapu.

Setidaknya ada 554 unit keramba apung yang dihibahkan ke nelayan yang tersebar di tiga lokasi yang potensial sebagai lokasi budidaya ikan kerapu.

"Budidaya ikan kerapu hingga saat ini cukup diminati masyarakat dan jumlah keramba yang ada terus bertambah," katanya lagi. (*)