TP PKK Pasaman Barat tekankan peran masyarakat dalam pembangunan

id Yunisra Syahiran

TP PKK Pasaman Barat tekankan peran masyarakat dalam pembangunan

Ketua TP PKK Pasaman Barat, Yunisra Syahiran saat sosialisasi pengelolaan dana nagari di kantor nagari Ranah Batagan, Selasa (26/6). (Antara Sumbar/Altas Maulana)

PKK adalah organisasi yang peduli kepada kepentingan masyarakat. Orgnisasi yang punya 10 program pokok yang sangat strategis dalam upaya penyejahteraan keluarga
Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Yunisra Syahiran menekankan pentingnya peran masyarakat dalam pembangunan.

"Mari tingkatkan peran dalam menyukseskan pragram pembangunan. Mari dukung pemerintah untuk kepentingan bersama," katanya saat sosialisasi pengelolaan dana nagari kepada masyarakat di kantor Wali Nagari Batahan Kecamatan Ranah Batahan, Selasa (26/6).

Menurutnya, partisipasi masyarakat terutama kaum ibu dalam menjalankan beberapa program strategis pemerintah seperti 10 program pokok PKK sangatlah diharapkan mulai dari tingkat kejorongan, nagari, kecamatan dan tingkat kabupaten.

"PKK adalah organisasi yang peduli kepada kepentingan masyarakat. Orgnisasi yang punya 10 program pokok yang sangat strategis dalam upaya penyejahteraan keluarga," ungkapnya.

Ia menjelaskan10 program pokok PKK dampaknya bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Seperti Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) yang bergerak lewat sektor pembinaan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang dikelola oleh Ibu-ibu Rumah Tangga.

Selain itu program pemanfaatan lahan pekarangan dengan menanam tanaman bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga atau biasa dikenal dengan program hatinya PKK.

"Program ini sangat membantu dalam meminimalisir pengeluaran keluarga dan menjaga kestabilan ekonomi keluarga.

Ia berharap dana nagari yang ada dapat dimanfaatkan untuk menunjang berbagai program pembangunan ditengah masyarakat.

Realisasinya juga harus transparan. Dana yang dikucurkan harus punya prospek yang jelas, efektif dan efisien untuk dimanfaakan sebagai upaya mencapai kesejahteraan bersama.

Ia menambahkan agar kaum ibu, kader PKK dan lain-lain dapat menunjukkan peningkatan dari waktu ke waktu. Sehingga setiap program yang dicanangkan, dapat terealisasi dan mencapai tujuan sesuai dengan yang diharapkan.

"Kita benar-benar berharap setiap program yang ducanangkan oleh pemerintah dapat kita jalankan dengan baik, seperti program pokok PKK. Mari kita sukseskan bersama," ujarnya.

Sosialisasi pengelolaan dana nagari turut dihadiri Muspika kecamatan Ranah Batahan, Bamus, tokoh masyarakat dan masyarakat setempat. (*)