Pantai Carocok penyumbang retribusi pariwisata terbanyak di Pesisir Selatan

id Pantai Carocok,Retribusi Pantai Carocok,Pariwisata Pesisir Selatan

Pantai Carocok penyumbang retribusi pariwisata terbanyak di Pesisir Selatan

Pantai Carocok Painan, Pesisir Selatan. (ANTARA SUMBAR/Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Objek wisata Pantai Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menyumbang retribusi sebesar Rp397.490.000 bagi pendapatan asli daerah setempat dari penjualan tiket masuk ke lokasi selama libur Lebaran 2018.

"Jumlah penjualan tiket masuk ke objek wisata Pantai Carocok Painan jauh lebih besar jika dibandingkan dengan tiket masuk ke Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh yang hanya sebanyak Rp128.145.000 saja," kata Kepala Dinas Pendapatan setempat, Desrianto Putra di Painan, Senin.

Kendati demikian tambahnya total retribusi dari tiket masuk pada kedua objek wisata mengalami peningkatan jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Selama libur lebaran 2017, retribusi tiket masuk pada kedua objek wisata hanya sebesar Rp466 juta sementara tahun ini mencapai Rp525.635.000.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Mawardi Roska menyebutkan banyaknya jumlah kunjungan ke Pantai Carocok Painan tidak bisa dilepaskan dari kepopuleran kawasan itu.

Selain itu, lanjutnya, Pantai Carocok Painan juga berdekatan dengan ibukota kabupaten sehingga lebih mudah dijangkau oleh wisatawan.

Sementara sedikitnya penjualan tiket masuk ke KWBT Mandeh pihaknya memperkirakan karena banyaknya pintu masuk ke objek wisata itu, seperti bisa lewat jalur laut dari Kota Padang dan juga perairan daerah setempat.

"Jika di Pantai Carocok hanya ada satu pintu masuk, sementara di Mandeh banyak pintu masuk sehingga berdampak pada hasil penjualan tiketnya," katanya lagi.

Sementara ungkapnya secara keseluruhan seluruh objek wisata pada daerah setempat ramai dikujungi wisatawan selama libur Lebaran baik yang di kelola pemerintah kabupaten maupun masyarakat setempat.

Beberapa objek wisata tersebut diantaranya Jembatan Akar, Bayang Sani, Pantai Tan Sridano, Pasir Putih Kambang, Pantai Sumedang, Rumah Gadang Mandeh Rubiah, Pantai Sambungo dan lainnya. (*)