Insiden kapal tenggelam kembali terjadi, kini di perairan Mentuda Batam

id kapal tenggelam,perairan Mentuda,Batam

Insiden kapal tenggelam kembali terjadi, kini di perairan Mentuda Batam

Ilustrasi.

Batam, (Antaranews Sumbar) - Kapal Motor (KM) Berkat Anugrah yang berlayar dari Nipah Panjang, Jambi menuju Kota Batam Kepulauan Riau tenggelam di Perairan Mentuda Kabupaten Lingga, Minggu.

Antara di Lingga melaporkan, saat ditemukan, kapal naas itu dalam posisi terbalik dan terapung.

Sejumlah penumpang dan awak kapal berhasil diselamatkan awak kapal MV Oceana rute Dabo Singkep-Batam yang kebetulan tengah melintasi perairan tersebut.

"Saat ini para penumpang dan awak kapal yang selamat dibawa ke Desa Tanjung Kelit Kecamatan Senayang Kabupaten Lingga," Kata seorang warga Tanjungkelit Abu kepada Antara.

Saat diselamatkan, penumpang dan awak kapal sudah terapung-apung selama beberapa jam di sana.

Berdasarkan data yang bisa dikumpulkan, kapal tersebut ditumpangi tiga belas orang termasuk awak kapal.

Awalnya kapal MV Oceanna berhasil menyelamatkan 11 orang awak dan penumpang kapal. Satu orang dinyatakan meninggal dunia dan seorang lagi sempat hilang.

Setelah berkoordinasi dengan Satuan Polisi Perairan Polres Lingga, seorang yang dinyatakan ditemukan dalam keadaan selamat.

Kapal naas rencananya berlayar menuju Batam, mengangkut bahan-bahan pertanian seperti pisang dan sayuran lainnya.

Kapal berangkat dari Nipah Panjang, Sabtu (23/6) sekitar pukul 21.00 WIB, dan karena cuaca buruk dan gelombang tinggi, kapal sempat karam. Namun karena pompa untuk mengeluarkan air tidak mampu menahan air yang masuk, kapal tenggelam.

"Satu orang meninggal perempuan atas nama Eri (45) yang merupakan warga Bengkong Nusantara kota Batam," sebutnya.

Saat ini penumpang kapal yang meninggal dan yang selamat dievakuasi ke Desa Tanjungkelit. Kebanyakan penumpang adalah warga Nipah Panjang Jambi dan Batam yang terdiri dari 11 orang laki-laki, 2 orang perempuan dan satu anak laki-laki masih berusia lima tahun. (*)