Pascalebaran objek wisata Carocok dan Mandeh masih dipadati wisatawan

id Wisata

Pascalebaran objek wisata Carocok dan Mandeh masih dipadati wisatawan

Wisatawan terlihat memadati dermaga penyebrangan menuju Pulau Cingkuak. (Antara Sumbar / Didi Someldi Putra) (.)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Objek wisata Pantai Carocok Painan dan Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat hingga Minggu (24/6) masih di padati wisatawan baik dalam maupun luar kabupaten setempat.

"Selain wisatawan lokal dan provinsi Sumatera Barat, wisatawan luar provinsi seperti Jambi, Bengkulu dan Riau juga masih memadati kedua objek wisata, hal tersebut terlihat dari nomor polisi kendaraan yang mereka gunakan," kata Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga setempat, Mawardi Roska di Painan.

Kendati demikian pihaknya tidak bisa mengungkap perkiraan jumlah kunjungan namun ia yakin kunjungan akan membludak karena selain libur akhir pekan, hari ini juga merupakan hari libur terakhir Lebaran 2018.

Menurutnya, jumlah kunjungan baru bisa diketahui sekitar pukul 18.00 WIB dengan cara menghitung jumlah tiket masuk yang terjual.

Di Pantai Carocok Painan, selain sudah ada wisatawan yang menjajal wahana permainan air seperti banana boat, speed boat dan lainnya, diantara wisatawan juga terlihat memadati dermaga penyebrangan menuju Pulau Cingkuak.

Di Pulau Cingkuak wisatawan tidak hanya disuguhkan keindahan pulau berpasir putih, namun juga perairan yang tenang dan cukup aman sebagai lokasi berenang baik bagi anak-anak maupun orang dewasa.

Selain itu juga terdapat masyarakat setempat yang menyewakan alat menyelam sederhana sehingga wisatawan bisa berpuas diri menyaksikan terumbu karang dan kekayaan biota laut di lokasi.

Sementara di Kawasan Mandeh terlihat kapal wisata mulai sibuk mengangkut para wisatawan yang ingin mengunjungi pulau-pulau indah di kawasan itu.

Sewa kapal bervariasi mulai dari Rp650 ribu hingga Rp1,5 juta tergantung jauh perjalanan dan jumlah pulau yang akan dikunjungi.

Beberapa pulau di kawasan itu ialah Seronjong Gadang, Seronjong Ketek, dan lainya. pulau-pulau disana memiliki keunikannya masing-masing mulai dari luas, hingga bentuknya yang indah.

Bahkan disalah satu pulau yakni di Pulau Sironjong Ketek wisatawan bisa mengadu adrenalin dengan melompat dari ketinggian sekitar 20 meter dari tebing batu ke perairan karena di lokasi telah dibuat tangga yang kokoh.*