Yakesma Salurkan Zakat Fitrah kepada mustahik

id yakesma

Yakesma Salurkan Zakat Fitrah kepada mustahik

Penyaluran zakat oleh Yakesma Sumbar . Antara Sumbar/istimewa.



Padang, (Antaranews Sumbar) - Lembaga Amil Zakat Yakesma Cabang Sumatera Barat menyalurkan zakat fitrah kepada masyarakat kurang mampu tersebar setiap daerah di Sumatera Barat pada Ramadhan 1439 Hijriah

Salah satu titik lokasi penyaluran di Kota Padang bertempat di Masjid Al Ikhlas Kelurahan Sungai Sapih kecamatan Kuranji Padang, pada 15 Juni 2016 lalu.

Zakat fitrah diberikan langsung oleh Pimpinan Cabang Yakesma Sumatera Barat Syafri kepada 25 orang warga.

Dalam sambutannya pimpinan Yakesma cabang Sumatera Barat menyatakan pihaknya sebagai lembaga sosial dan Lembaga Amil Zakat menghimpun zakat , infaq, sedekah dan waqaf dari umat Islam yang selanjutnya diberikan kepada mereka yang layak menerima.

Khusus zakat mal dan infaq dikelola untuk pembiayaan program di bidang pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan, sedangkan waqaf digunakan untuk kelanjutan pembangunan perguruan tinggi dan rumah sakit Islam, kata dia.

Syafri juga mengatakan bahwa saat ini tingkat kecenderungan ummat Islam untuk membayarkan zakatnya ke Baznas dan Lembaga Amil Zakat cukup tinggi.

Ini mengindikasikan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat kepada lembaga pengelola zakat tersebut juga semakin baik. Sikap positif masyarakat tersebut perlu diapresiasi dan menjadi dorongan bagi kami untuk bekerja lebih baik mengelola dana zakat sehingga dirasakan manfaatnya terutama oleh masyarakat kurang mampu.

Kegiatan penyaluran zakat fitrah juga berlangsung di daerah lain di Sumatera Barat yang dilakukan oleh relawan Yakesma dengan mendatangi rumah warga menjelang hari Raya Idul Fitri sehingga pada hari raya ini mereka bisa berbahagia bersama keluarga.

Selain menyalurkan zakat fitrah, Yakesma juga melaksanakan beberapa program lain seperti acara Buka Bersama Dhuafa, Santunan Yatim, Paket Arromil, dan Bingkisan Idul Fitri untuk Da’i.

Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak khususnya para muzakki dan donatur yang telah memberikan kepercayaannya kepada Yakesma, tambah Syafri.