Catat, SMA/SMK Sumbar Buka Pendaftaran Online 25 Juni 2018

id pendaftaran sma

Catat, SMA/SMK Sumbar Buka Pendaftaran Online 25 Juni 2018

Ilustrasi pendaftaran siswa SMA/SMK secara luring (off line)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019/2019 untuk SMA/SMK di Sumatera Barat dibuka Senin (25/6) hingga Jumat (29/6) 2018, kata Sekretaris Dinas Pendidikan setempat, Bustavidia.

"Pendaftaran dilakukan secara daring (on line) melalui www.ppdbsumbar.id," kata dia di Padang, Kamis.

Siswa dapat memilih sekolah yang diinginkan meskipun berada di luar kecamatan domisili, karena tidak ada sistem rayon yang diberlakukan.

Masing-masing bisa mendaftar untuk empat sekolah, dua SMA dan dua SMK.

Ia meminta calon siswa untuk hati-hati dalam melakukan pendaftaran agar tidak terjadi kesalahan dan gagal terdaftar di sekolah yang diinginkan.

Sementara untuk sekolah yang belum memiliki akses internet, Dinas Pendidikan Sumbar meminta orangtua atau wali siswa mendatangi langsung sekolah yang dipilih untuk mendaftar secara luring (off line).

Jumlah SMA/SMK di Sumbar saat ini sebanyak 370 unit. Dari jumlah itu hanya 250 sekolah yang telah memiliki akses internet yang bagus, sementara 120 sekolah lainnya bisa menerima pendaftaran secara luring.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan saat ini masih ada sekitar 13 persen daerah yang belum memiliki akses internet sehingga harus melaksanakan penerimaan siswa secara luring.

Daerah itu tersebar di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Pesisir Selatan, Pasaman Barat dan Solok Selatan.

Ia berharap pada 2019 seluruh SMA/SMK di Sumbar memiliki jaringan internet yang baik agar penerimaan siswa secara daring bisa dilaksanakan secara merata, demikian juga untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).*