Jumlah DPS pemilu 2019 di Sumbar 3,6 juta

id KPU Sumbar,DPS Pemilu 2019 Sumbar

Jumlah DPS pemilu 2019 di Sumbar 3,6 juta

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat, Amnasmen. (ANTARA SUMBAR/Novia Harlina)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Data pemilih sementara (DPS) untuk pemilu 2019 di Sumatera Barat berkisar 3,6 juta orang atau naik dari data pemilih tetap pemilihan gubernur pada 2015 yakni lebih kurang 3,4 juta pemilih.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat, Amnasmen di Padang, Kamis menyebutkan dari total DPS tersebut, jumlah pemilih perempuan sebanyak 1,830 juta orang serta pemilih laki-laki berjumlah 1,780 juta orang.

"Jumlah itu bertambah sekitar 121.652 pemilih dibanding DPT 2015," kata dia.

Ia menyampaikan untuk jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Sumbar sebanyak 16.516 TPS tersebar di 1.158 kelurahan atau nagari dengan di 179 kecamatan.

Dengan ditetapkannya DPS ini, Amnasmen berharap masyarakat dapat memberikan tanggapan dan koreksi setelah diumumkan melalui kantor Kecamatan desa atau kelurahan agar nantinya dapat menjadi masukan dalam menetapkan DPT.

"Jumlah pemilih harus dioptimalkan, sehingga dibutuhkan masukan dan saran dari berbagai pihak," ujarnya.

Ia mengemukakan jumlah DPS ini akan terus diperbaiki dan diperbaharui serta bekerja sama dengan instansi terkait seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Jika masih ada warga yang belum terdaftar, lanjutnya sebaiknya segera melaporkan kepada petugas yang terdapat pada masing-masing daerah untuk didaftar.

Selain itu pihaknya juga memberikan kesempatan jika terdapat nama atau identitas lain yang perlu untuk diperbaiki sebelum ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap.

Sementara Anggota Badan Pengawas Pemilu Sumatera Barat, Vifner berharap KPU setempat terus berkoordinasi dengan KPU kabupaten dan kota, terutama terkait pengoptimalan penggunaan Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) saat melakukan rekapitulasi. (*)