Bupati perkirakan 300 ribu wisatawan kunjungi Pesisir Selatan selama libur lebaran

id Pantai Carocok Painan

Bupati perkirakan 300 ribu wisatawan kunjungi Pesisir Selatan selama libur lebaran

Wisatawan memadati objek wisata Pantai Carocok Painan. (Antara Sumbar/Didi Someldi Putra)

Dari objek wisata Pantai Carocok Painan, dan Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh saja yang diberlakukan karcis masuk terjual 80.545 tiket
Painan, (Antaranews Sumbar) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat Hendrajoni memperkirakan sebanyak 300 ribu wisatawan mengunjungi sejumlah objek wisata di daerah itu hingga H+6 Lebaran 2018.

"Dari objek wisata Pantai Carocok Painan, dan Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh saja yang diberlakukan karcis masuk terjual 80.545 tiket," katanya di Painan, Kamis.

Sementara objek wisata lainnya tidak diberlakukan tiket masuk sehingga tidak semua wisatawan yang berkunjung ke objek wisata dapat dihitung, karena ada yang sekedar mampir dan juga lewat jalur lain.

Seperti di Pantai Carocok Painan terdapat wisatawan yang hanya memanfaatkan pelataran parkir, logo Pantai Carocok hingga taman untuk sekedar berfoto-foto dan selanjutnya beranjak ke objek wisata lain.

Begitu juga dengan mereka yang berkunjung ke KWBT Mandeh, di antaranya ada yang lewat jalur laut dari Padang dan juga dari lokasi lain sehingga tidak terdata secara menyeluruh.

Sementara masih ada objek wisata lain yang tidak kalah banyak dikunjungi wisatawan seperti Jembatan Akar, Bayang Sani, Pantai Sago, Puncak Langkisau, Pasir Putih Kambang, Pantai Sambungo Silaut, Sungai Bungin Batang Kapas, Pantai Tan Sridano, Pantai Sumedang dan lainnya.

Ia mengaku puas dengan kunjungan wisatawan pada lebaran tahun ini karena situasi tersebut menunjukkan bahwa Pesisir Selatan semakin dikenal dan menjelma sebagai daerah destinasi wisata favorit di Sumatera Barat.

Diperkirakan jumlah pengunjung masih akan bertambah karena seluruh objek wisata di Pesisir Selatan akan tetap ramai hingga Minggu (24/06).

Ia menyebutkan secara keseluruhan libur Lebaran 2018 pada daerah setempat berlangsung dengan tertib dan perencanaan dalam mengantisipasi kemacetan hingga kebersihan berjalan dengan maksimal.

"Macet memang hal yang tidak bisa disepelehkan disaat kunjungan wisatawan sedang membludak, dan rencana yang kami siapkan untuk mengantisipasinya berjalan maksimal," ungkapnya. (*)