Wisatawan Diimbau Perhatikan Kebersihan Saat Nikmati Libur Lebaran

id tanah datar

Wisatawan Diimbau Perhatikan Kebersihan Saat Nikmati Libur Lebaran

. Wisatawan berfoto di halaman Istano Basa Pagaruyuang Tanah Datar, Sumatera Barat. (Antara Sumbar/ Syahrul Rahmat.) (Antara Sumbar/ Syahrul Rahmat./)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar, Sumatera Barat mengimbau wisatawan yang datang berlibur ke daerah tersebut untuk memperhatikan kebersihan lingkungan, baik pada destinasi wisata maupun di sepanjang jalan yang dilalui.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Tanah Datar, Edi Susanto di Batusangkar, Selasa, mengatakan untuk menciptakan libur lebaran yang nyaman maka dibutuhkan partisipasi dari seluruh pihak, termasuk wisatawan.

"Untuk menjaga kebersihan, kami mengimbau kepada para wisatawan yang datang ke Tanah Datar untuk tidak membuang sampah sembarangan," katanya.

Ia menyebutkan sebelumnya masih ditemukan ada yang membuang sampah ke jalan dari dalam mobil, akan lebih baik sampah-sampah tersebut disimpan dahulu ntuk kemudian dibuang pada tempat yang telah disediakan.

Menurut dia imbuan tersebut tidak hanya berlaku bagi wisatawan, akan tetapi juga bagi masyarakat serta para perantau yang mudik selama libur lebaran.

Selain itu ia juga mengimbau agar wisatawan tidak memarkirkan kendaraan di sembarang tempat dan dapat memarkirkan kendaraan pada lokasi yang telah disediakan.

"Untuk meminimalisir kemacetan selama libur lebaran ini kami juga meminta pengunjung objek wisata untuk tidak memarkirkan kendaraan sembarangan," ujarnya.

Ia menambahkan pihak pemerintah sudah berupaya untuk menyiapkan liburan yang nyaman bagi wisatawan, seperti dengan menyebarkan informasi wisata melalui sosial media serta dengan menyiapkan nomor telepon jika ada pengunjung yang ingin menyampaikan pengaduan.

"Sebagaimana yang telah disepakati bersama, motto libur lebaran kali ini adalah Liburan Nyaman di Tanah Minangkabau," kata dia.

Sebelumnya Kepala Dinas Perkim LH Tanah Datar, Dessy Trikorina juga mengatakan arus mudik atau pulang basamo para perantau ke kampung halamannya biasanya kerap menyisakan sampah di sepanjang ruas jalan, terutama bila terjadi kemacetan panjang.

Oleh sebab itu maka pihaknya mengimbau agar seluruh lapisan masyarakat, Mahasiswa, ASN dan lainnya ketika melaksanakan kegiatan di keramaian hendaknya memakai peralatan makanan dan minuman yang dapat diguna ulang seperti kotak makanan, sendok, garpu dan tempat air minum.*