Dua hari, sekitar 36.000 wisatawan kunjungi Pantai Air Manis Padang

id Pantai air manis,Libur lebaran

Kemacetan terjadi di jalan menuju Pantai Air Manis Kota Padang via Jembatan Siti Nurbaya, Senin (18/6) (ANTARA SUMBAR/Mario S Nasution)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Kunjungan wisatawan ke Pantai Air Manis Kota Padang, Sumatera Barat pada libur Idul Fitri 1439 Hijriah mencapai 36.000 orang.

"Pada Sabtu (16/6) dan Minggu (17/6) kunjungan ke salah satu gerbang masuk Pantai Air yang dikelola Pemkot Padang mencapai 18 ribu wisatawan," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Sumatera Barat Medi Iswandi di Padang, Senin.

Sementara catatan dari gerbang masuk ke Pantai Air Manis yang dikelola oleh masyarakat diperkirakan jumlah wisatawan yang masuk sekitar 18 ribu hingga 20 ribu orang.

Menurut dia jumlah ini meningkat pesat dari libur Lebaran tahun lalu karena adanya jalan baru dari kawasan Muaro ke Pantai Air Manis.

"Kami perkirakan jumlah kunjungan meningkat lima hingga enam kali lipat," katanya.

Untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung, pihaknya menempelkan spanduk berukuran besar yang menginformasikan harga makanan dan fasilitas yang ada di sana.

"Kami berharap masyarakat membaca dan berbelanja sesuai harga tersebut. Apabila ada pedagang yang menetapkan harga lebih dari itu agar jangan dibeli," kata dia.

Kemudian untuk meminimalkn tindakan pungutan liar, pihaknya telah berkoordinasi dengan Tim Saber Pungli Kota Padang, Denpom 1/4 Padang, Kodim 0312 Padang dan Polresta Padang.

"Tim Saber Pungli juga melakukan razia secara acak di lokasi untuk menghilangkan aksi pungutan liar," kata dia.

Kapolresta Padang AKBP Yulmar Try Himawan mengatakan pungutan liar masih terjadi di beberapa kawasan di Kota Padang mulai dari pemungutan parkir melebihi harga normal.

"Kami telah perintahkan anggota untuk melakukan penyisiran agar masyarakat nyaman berwisata di kota ini," kata dia. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar