Begini cara berwisata Danau Singkarak dari udara

id Pariwisata, paralayang, tanah datar

Begini cara berwisata Danau Singkarak dari udara

Pengunjung menyaksikan aksi Paralayang di Puncak Macau II, Malalo Tanah Datar, Sumatera Barat. (Antara Sumbar/ist)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Pengunjung yang datang berwisata ke daerah Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat dapat menyaksikan panorama Danau Singkarak dari udara dengan terbang bersama atlet paralayang profesional pada kegiatan Fun Fly Paralayang Puncak Macau II.

Panitia pelaksana kegiatan Fun Fly Paralayang, Suharmen di Batusangkar, Minggu, mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan di Puncak Macau II Nagari Malalo Kecamatan Batipuah Selatan pada tanggal 18 hingga 19 Juni 2018.

"Kegiatan ini akan diikuti oleh atlet paralayang se Sumbar dan bagi pengunjung yang ingin ikut terbang maka akan didampingi oleh pilot profesional," katanya.

Ia menyebutkan kegiatan Fun Fly Paralayang ini telah dilaksanakan beberapa kali semenjak beberapa tahun belakangan, karena animo masyarakat yang cukup tinggi maka kegiatan ini kembali diadakan untuk tahun 2018.

Sementara itu salah seorang pilot Paralayang asal Tanah Datar, Kenedy mengatakan semenjak diadakan beberapa tahun yang lalu, para atlet paralayang se Sumbar serta masyarakat maupun para perantau yang pulang ke kampung halaman cukup antusias untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Menurutnya keindahan Puncak Macau II yang menjadi tempat kegiatan ini cukup menarik dan mendapat pujian dari banyak pihak karena keindahan pemandangan serta ketersedian lokasi mendarat yang cukup baik.

"Berdasarkan tanggapan dari beberapa pihak, Puncak Macau II dinilai cukup baik untuk pelaksanaan kegiatan paralayang, mulai dari adanya pemandangan Danau Singkarak yang indah hingga tempat mendarat yang cukup luas," ujarnya.

Ia menambahkan, hingga saat ini sudah ada sekitar 13 orang yang mendaftar untuk ikut terbang tandem dengan atlet dan diperkirakan akan terus bertambah hingga hari pelaksanaan kegiatan.

Selanjutnya ia menambahkan melalui kegiatan ini diharapkan dapat menarik wisatawan untuk dapat berkunjung ke Tanah Datar, terutama ke Puncak Macau II untuk menyaksikan pemandangan Danau Singkarak dari ketinggian.

Selain itu melalui beberapa kali kegiatan yang telah dilaksanakan maka kedepannya diharapkan lokasi ini dapat menjadi lokasi pelaksanaan kegiatan paralayang untuk tingkat nasional maupun internasional.

"Ke depannya kita mengharapkan agar Puncak Macau II ini dapat menjadi salah satu objek wisata andalan di Sumbar," kata dia.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Tanah Datar, Edi Susanto mengatakan selama lebaran 2018 terdapat beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat di daerah tersebut, salah satunya adalah kegiatan Fun Fly Paralayang di daerah Malalo Batipuah Selatan.

Selain itu juga terdapat kegiatan pacu jawi yang akan dilaksanakan pada akhir Juni dan terbang bersama paramotor di Puncak Aua Serumpun. (*)