Selain pantai, Masjid Raya Sumbar jadi target wisatawan berswafoto

id swafoto masjid raya

Selain pantai, Masjid Raya Sumbar jadi target wisatawan berswafoto

Pengunjung tengah berswafoto di depan Masjid Raya Sumbar, Padang, Minggu (17/6). ((Antara Sumbar/M R Denya Utama))

Padang, (Antaranews Sumbar) - Ratusan wisatawan yang berkunjung ke kota Padang, menjadikan lokasi di komplek Masjid Raya Sumbar sebagai salah satu objek swafoto pada libur Lebaran 1439 Hijriah.

Dari pantauan di Padang, Minggu beberapa pelataran masjid seperti tangga menuju ke masjid, di depan papan nama masjid serta di dekat menara menjadi lokasi favorit masyarakat untuk berswafoto.

Salah satu wisatawan yang berdomisili di Riau Yefni (32) yang ditemui di lokasi mengatakan alasan berswafoto karena Masjid Raya Sumbar memiliki identitas yang berbeda dari masjid lain di dunia.

Dengan kubah yang menjulang menyerupai bangunan bagonjong khas Minangkabau serta tangga yang berjenjang menjadi salah satu indikator lokasi tersebut cocok jadi tempat swafoto.

Menurutnya Masjid Raya, Gunung Padang, Monumen Iora dan Monumen Merpati Perdamaian menjadi identitas swafoto bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Padang.

Wisatawan lain asal Jakarta Cicih (57) mengatakan selain sebagai tempat ibadah yang representatif, Masjid Raya Sumbar cocok jadi destinasi wisata.

Bila dilihat dari kejauhan kata dia, menaranya dan kubah yang menjulang sudah membuktikan masjid tersebut identitas masyarakat kota Padang.

Hanya saja kata dia, perlu ada pembenahan seperti parkir yang masih terlihat semrawut di pinggir jalan, serta pedagang kaki lima yang tidak tertib berjualan.

"Bukan tidak mungkin ke depan Masjid Raya Sumbar bukan objek untuk masyarakat di Indonesia saja namun juga dunia, bergantung pada pengelolaan pemerintah dan masyarakatnya," ujar guru di salah satu sekolah di Jakarta tersebut.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Padang Medi Iswandi menilai Masjid Raya Sumbar menjadi salah satu identitas kota Padang saat ini.

Secara langsung lokasi tersebut sebagai tempat ibadah, namun secara tidak langsung memberikan daya tarik wisatawan berkunjung.

Untuk itu Disbudpar menjadikan Masjid Raya Sumbar sebagai salah satu destinasi putaran bus wisata selain Kawasan Wisata Gunung Padang. (*)