Penjualan BBM di Pasaman Barat Meningkat

id bbm

Penjualan BBM di Pasaman Barat Meningkat

Antrean kendaraan di SPBU Batang Lingkin Pasaman Barat saat hari pertama lebaran. Penjualan BBM meningkat 20 persen dihari pertama lebaran. Antara Sumbar/Altas Maulana.

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) pada hari pertama meningkat sekitar 20 persen dibanding hari biasa.

"Benar, penjualan mengalami peningkatan pada hari pertama lebaran. Meskipun penjualan meningkat, stok BBM hingga saat ini masih aman," kata petugas Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Batang Lingkun, Santoso di Simpang Empat, Sabtu.

Ia mengatakan peningkatan penjualan BBM disebabkan karena meningkatnya permintaan karena banyaknya masyarakat yang mudik lebaran dan pergi berlibur.

Pantauan pada Sabtu (16/6) siang hingga sore ratusan kendaraan roda dua dan mobil memadati sejumlah SPBU di Pasaman Barat.

Sebagian besar dari pengendara mengisi bahan bakar mereka untuk pergi berlibur dan berwisata setelah Lebaran.

"Pengakuan pengendara mereka mengisi BBM untuk pergi berlibur dan bersilaturrahmi ke rumah sanak familynya," kata Santoso.

Tingginya permintaan masyarakat membuat sejumlah petugas di SPBU harus bekerja keras untuk melayani antrian pengendara yang tidak pernah putus mengisi BBM.

Ia menyebutkan untuk mengatasi agar antrean kendaraan tidak terus bertambah panjang maka pihak SPBU mengaktifkan seluruh pompa yang ada.

Kemudian mengarahkan pengendara agar tidak terfokus di satu pompa saja. Terutama pompa BBM jenia premium yang saat ini masih menjadi incaran utama pengendara.

Pihak SPBU mengaku stok BBM mereka masih aman terutama stok BBM non subsidi seperti pertamax dan pertalite.

Karena stok dua jenis BBM itu sudah dijamin aman oleh pertamina. Namun untuk premium belum ada penambahan stok dari pertamina.

Ia memprediksi jumlah pengendara dan penjualan mereka akan terus naik hingga hari ke lima lebaran nanti. Sebab saat ini jumlah kendaraan semakib bertambah.

Seperti kendaraan angkutan umum arus balik dan masyarakat yang hendak berlibur

Santoso berharap Pertamina bisa menjamin ketersedian stok BBM selama lebaran ini, terutama stok pertalite dan premium.(alt)