Kunjungan ke Puskesmas Kinali Pasaman Barat Tinggi

id Puskesmas

Kunjungan ke puskesmas (Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) Hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriah, kunjungan masyarakat untuk berobat ke Puskesmas Empat Koto Kinali, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), masih tinggi.

Sebagian besar pasien balita menderita demam. Sementara untuk lanjut usia didominasi keluhan stroke, bahkan beberapa diantaranya terpaksa dirawat.

"Kunjungan ke Puskesmas cukup tinggi selama Ramadhan ini," kata Kepala Puskesmas Empat Koto Kinali, Yunita di Kinali di Kinali, Kamis.

Menurutnya dalam satu hari pihaknya bisa menerima sekitar 40 sampai 100 orang pasien. Tergantung kepada kondisi dan hari kerjanya. Kunjungan pasien akan meningkat drastis saat hari pasar.

Ia mengaku sebagai salah satu Puskesmas dengan sarana rawatan dan buka selama 24 jam menjadi salah satu indikator tingginya tingkat kunjungan masyarakat.

Terutama pasien yang bersifat dadakan seperti kecelakaan pada malam hari.

Sejauh ini, katanya pihak Puskesmas belum menemukan penyakit yang berstatus kejadian luar biasa atau keluhan masyarakat yang menonjol.

Bahkan setelah dirawat selama satu atau dua hari, pasien rawatan tersebut sudah bisa pulang kembali.

Ia berharap masyarakat bisa menjaga pola hidup sehat selama ramadhan dan lebaran agar tidak diserang penyakit seperti diare atau demam.

"Biasanya setiap lebaran, masyarakat rawan diserang penyakit batuk, diare dan demam," katanya.*
Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar