Pasaman Barat Pusatkan Shalat Ied di Lapangan

id Sholat ied

Pasaman Barat Pusatkan Shalat Ied di Lapangan

Halaman kantor bupati (Altas Maulana)

Simpang Empat,(Antaranews Sumbar) - Pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1439 Hijriah di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), dipusatkan di halaman/lapangan kantor bupati setempat pada Jumat (15/6) pagi.

"Benar, direncanakan Shalat Ied dipusatkan di halaman kantor bupati. Sebagai lokasi cadangan jika hujan turun maka panitia menyiapkan Masjid Agung??yang terletak tidak jauh dari kantor bupati," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Pasaman Barat, Hendrizal di Simpang Empat, Kamis.

Ia mengatakan pada Kamis (14/6) sejumlah persiapan dan sarana terlihat dipersiapkan oleh panitia.

Beberapa petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup terlihat sudah membersihkan seluruh area halaman Kantor Bupati Pasaman Barat. Beberapa tong sampah dan spanduk juga sudah terpasang.

Selain itu panitia juga telah menetapkan dan mengukur arah kiblat dan memberikan tanda untuk meletakan mimbar untuk khatib dan posisi imam saat pelaksanaan Shalat Idul Fitri nanti.

"Untuk khatib Shalat Idul Fitri nanti adalah H Aswardin dari Kota Medan Sumatera Utara (Sumut) dan Imam sholat dipimpin oleh H Bulkaini LC dari Simpang Empat," ujarnya.

Sementara itu Kepala Bagian Humas, Yosmar Difia membenarkan Shalat Idul Fitri 1439 Hijriah akan dipusatkan di halaman kantor bupati.

Menurutnya, panitia memilih halaman kantor bupati mengingat luasnya area dan mempertimbangkan jumlah jemaah nantinya.

Sebagai sarana penunjang lainnya panitia juga mempersiapkan sejumlah titik tempat berwudhu di mushalla Kantor Bupati Pasaman Barat.

"Mari beramai-ramai datangi halaman kantor bupati pada Jumat (15/6) untuk melaksanakan sholat Idul Fitri. Mudah-mudahan dapat berjalan aman dan lancar nantinya," harapnya.*