Tanah Datar Fokuskan Takbiran di Lapangan Cindua Mato

id takbiran

Tanah Datar Fokuskan Takbiran di Lapangan Cindua Mato

Sejumlah warga merayakan malam takbir menyambut Hari Raya Idul Ftri, di Jalan KH.Mas Mansyur,Tanah Abang, Jakarta, Kamis (16/7/2015). Pemerintah menetapkan 1436 H jatuh pada hari Jumat (17/7) dan banyak Warga Jakarta dan sekitarnya membakar kembang api untuk memeriahkan malam takbiran atau penyambutan hari raya Idulfitri. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, memfokuskan pelaksanaan takbiran dalam rangka menyambut Lebaran 2018 pada satu lokasi yang telah ditentukan yaitu di Lapangan Cindua Mato.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Tanah Datar, Edi Susanto di Batusangkar, Kamis, mengatakan pelaksanaan takbiran akan difokuskan pada satu lokasi guna menghindari takbiran keliling.

"Takbir keliling sudah tidak diizinkan lagi, oleh karena itu kami sengaja membuat acara khusus yang dipusatkan di Lapangan Cindua Mato," katanya.

Ia menyebutkan selama perayaan nanti kegiatan akan diisi dengan penampilan alunan takbir dari peserta yang merupakan perwakilan dari masing-masing kecamatan yang ada di Tanah Datar.

Menurut dia, para peserta nantinya akan ada yang menggunakan bedug, gendang dan bahkan ada yang memanfaatkan benda-benda bekas untuk dipergunakan sebagai alat perkusi.

"Setiap peserta yang berasal dari 14 kecamatan tersebut akan menampilkan penampilan yang unik sebab kita membebaskan mereka untuk berkreasi," ujarnya.

Ia menambahkan kegiatan akan dimulai setelah Shalat Isya. Sebelumnya peserta akan berbuka bersama di Gedung Indo Jalito dan kemudian dilanjutkan dengan makan malam.

Selain parade takbiran yang digelar di Lapangan Cindua Mato, pihak Pemerintah Kabupaten Tanah Datar juga mengimbau masyarakat untuk meramaikan takbiran yang dilaksanakan pada masjid-masjid dan mushala yang ada di daerah tersebut.

Sementara itu Kapolres Tanah Datar, AKBP Bayuaji Yudha Parajas mengatakan untuk pelaksanaan malam takbiran tersebut tidak ada pengamanan khusus.

"Untuk wilayah Tanah Datar tidak ada takbiran keliling, sebab kegiatan dipusatkan pada satu lokasi, oleh sebab itu tidak ada pengamanan khusus," katanya. ***4*** (KR-SHL).