Bupati berpesan, pedagang makanan di Pesisir Selatan tidak naikkan harga

id hendrajoni

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni. (Antara Sumbar/Didi SP)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni mengimbau para pedagang di daerah setempat tidak "nakal" dengan cara menaikkan harga hingga berkali-kali lipat karena memanfaatkan suasana Lebaran 2018.

"Pada Lebaran nanti ribuan wisatawan akan memadati objek wisata di Pesisir Selatan dan kami mengajak para pedagang untuk tidak memanfaatkan situasi itu dengan menaikan harga terutama makanan hingga berkali-kali lipat," katanya di Painan, Rabu.

Karena tambahnya, tindakan itu akan membuat wisatawan tidak nyaman dan akan jera untuk kembali berkunjung.

"Keindahan alam memang merupakan salah satu faktor meningkatnya jumlah wisatawan namun rasa nyaman ketika berkunjung merupakan hal lain yang mesti diperhatikan," ungkapnya.

Untuk, semua pihak yang bersentuhan langsung dengan dunia usaha pariwisata tidak hanya mesti memikirkan keuntungan sesaat namun harus memberikan rasa nyaman dan keuntungan berkelanjutan dari wisatawan akan dinikmati.

Saat ini pemerintah kabupaten setempat memang belum memiliki aturan mengenai standar harga, terutama harga makanan namun jika ada oknum pedagang nakal yang menetapkan harga diatas harga pasaran dan merugikan wisatawan maka tetap akan ditindaklanjuti.

"Jika ada yang dirugikan segera melapor ke pos pengamanan yang ada di objek wisata dan tim akan menindaklanjutinya, minimal kami mengantongi identitas pedagang nakal tersebut," ungkapnya.

Ia memperkirakan seluruh objek wisata pada daerah setempat akan ramai oleh wisatawan pada libur Lebaran nanti, terutama objek wisata yang menjadi andalan seperti Kawasan Wisata Mandeh dan Pantai Carocok Painan.

Kendati demikian, objek wisata penyangga juga diperkirakan akan ramai seperti Puncak Langkisau yang menyajikan pemandangan menakjubkan Samudera Hindia yang maha luas, Jembatan Akar yang melegenda, Air Terjun Bayang Sani, objek wisata sejarah Rumah Gadang Mandeh Rubiah, Pasir Putih Kambang, Pantai Sumedang.

Berikutnya, Pantai Batu Kalang, Ikan Larangan Tarusan, Pantai Sambungo yang tidak hanya menjadi pilihan berlibur wisatawan Pesisir Selatan namun juga Bengkulu dan Jambi karena letaknya yang berada di perbatasan dan lain sebagainya. (*)

Pewarta :
Editor: M R Denya
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar