Pemkot Padang imbau warga tingkatkan keamanan rumah sebelum mudik

id Suardi

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Padang Suardi. (Antara)

Hanya mengingatkan kembali agar tempat tinggal dipastikan aman sebelum berangkat ke kampung atau bepergian ke luar daerah,
Padang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Padang melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Suardi mengimbau warganya untuk memperkuat keamanan tempat tinggal sebelum mudik ke daerah asal masing-masing pada momen lebaran 1439 Hijriah.

"Hanya mengingatkan kembali agar tempat tinggal dipastikan aman sebelum berangkat ke kampung atau bepergian ke luar daerah," ujarnya di Padang, Rabu.

Menurutnya salah satu yang perlu dilakukan bukan hanya mengunci rumah, pagar dan mematikan listrik saja namun juga memberikan laporan kepada RT/RW atau tetangga perihal keberangkatan.

Hal ini dilakukan untuk menjaga komunikasi dengan orang yang dekat di rumah sehingga bila terjadi hal negatif dapat segera diselesaikan.

Mengingat seperti lebaran sebelumnya, rumah yang ditinggalkan kosong kerap jadi sasarana tindakan kriminal seperti pencurian dan perampokan.

Dengan adanya harmonisasi komunikasi tersebut, informasi akan lancar mengalir dan adanya pengawasan tempat tinggal.

Sejauh ini pemkot berkoordinasi dengan kepolisian dan TNI serta melalui arahan kepada kelurahan untuk melakukan pengawasan di berbagai kawasan termasuk perumahan.

Akan tetapi hal ini akan lebih kuat bila warga dapat memberikan dukungan dan sumbangsih dalam menjaga keamanan tempat tinggalnya.

Selain warga yang akan pulang kampung, diharapkan warga yang membawa anggota baru ke suatu perumahan untuk dapat melaporkan kepada RT/RW setempat untuk mencegah terjadinya idikasi kecurigaan masyarakat.

"Masuknya warga baru usai lebaran cukup terbuka, untuk itu butuh dukungan masyarakat mengawasinya, " kata mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga setempat tersebut. (*)

Pewarta :
Editor: M R Denya
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar