H-3, arus mudik di Sumbar terpantau lancar

id aus mudik lebaran,arus mudik lebaran sumbar,polda sumbar

(FOTO ANTARA/Yudhi Mahatma/ed/ama/10)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumatera Barat menyatakan pada H-3 arus mudik di sejumlah titik rawan kemacetan di daerah itu terpantau ramai lancar.

"Misalnya jalur Padang menuju Bukittinggi memang terjadi kemacetan namun kendaraan masih tetap bergerak," kata Kabag Binops Ditlantas Polda Sumbar AKBP Erwin H Dinata di Padang, Selasa.

Ia mengatakan jalur mengalami kemacetan saat ini adalah kawasan Padang Lua menuju Bukittinggi. Di daerah itu terjadi kemacetan panjang hingga satu kilometer karena jumlah kendaraan yang melewati jalur itu bertambah.

"Namun kendaraan tersebut tetap bisa berjalan meskipun jumlah kendaraan di sana cukup padat," kata dia.

Jumlah kendaraan memang meningkat hingga 100 persen dari hari normal pada H-3 ini yang datang dari arah Kota Padang menuju Bukittinggi.

Menurut dia jumlah ini masih di bawah tahun lalu yang cukup padat dan membuat kendaraan tertahan dalam kemacetan hingga berjam-jam.

"Sekarang lebih landai, mungkin faktor waktu libur lebih panjang dari tahun kemarin dan pemudik berangkat tidak secara bersamaan," kata dia.

Ia memprediksi puncak kepadatan kendaraan akan terjadi saat arus balik setelah lebaran nanti.

Untuk mengantisipasi kemacetan pada masa itu pihaknya bekerja ekstra dengan memberikan meminta petugas laporan secara langsung menggunakan video dan memperkirakan jarak tempuh.

Pada Senin (11/6) pihaknya mencoba menggunakan mobil pribadi dari Padang menuju Kota Bukittinggi memakan waktu dua jam 50 menit.

Pada hari ini tim juga melakukan hal yang sama, mereka berangkat dari Padang menuju Bukittinggi menggunakan mobil pribadi dan memakan waktu tiga jam lima menit.

"Saya kira ini masih normal dan tidak terjadi lonjakan kendaraan yang cukup tinggi," kata dia. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar