Agam buka pelayanan dokumen kependudukan saat libur Lebaran

id Disdukcapil agam

Salah seorang warga Agam, sedang mengurus dokumen kependudukan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat, Selasa (12/6). (ANTARA SUMBAR/Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, tetap membuka pelayanan pengurusan dokumen kependudukan saat libur Idul Fitri 1439 Hijriah, untuk memberikan kemudahan bagi perantau dalam mengurus kartu tanda penduduk, akte kelahiran dan lainnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Agam, Misran di Lubukbasung, Selasa, mengatakan pelayanan itu dibuka selama empat hari sebelum dan sesudah lebaran.

"Pelayanan ini kami buka pada 11-12 Juni 2018 dan pada 17-18 Juni 2018 pada pukul 8.30-14.30 WIB," katanya.

Pada Senin (11/6), jumlah warga mengurus dokumen kependudukan sebanyak 137 orang dengan rincian yakni, mencetak KTP elektronik sebanyak 45 orang, mencetak kartu keluarga 33 orang, mencetak akte kelahiran 24 orang.

Sementara pindah provinsi dua orang, pindah kecamatan satu orang, pindah nagari empat orang, pisah kartu keluarga empat orang, menumpang kartu keluarga enam orang dan rekap KTP elektronik 18 orang.

"Berkemungkinan setelah lebaran nanti jumlah warga mengurus dokumen kependudukan akan meningkat, karena sudah ada warga yang menghubungi saya beberapa hari lalu," katanya.

Layanan dokumen kependudukan ini melibatkan 12 petugas setiap hari.

Ini merupakan agenda tahunan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat dalam melayani perantau untuk mengurus surat pindah, KTP, kartu keluarga dan lainnya saat mereka pulang ke kampung.

"Program ini untuk memberikan kemudahan bagi warga Agam di rantau untuk mengurus dokumen kependudukan saat pulang ke kampung," katanya.

Salah seorang warga, Andri Saputra (36), mengatakan, dengan dibukanya pelayanan pada libur lebaran sangat membantu warga untuk mengurus dokumen kependudukan.

Ini mengingat warga yang dirantau pulang satu kali setahun, sementara dokumen kependudukan ini sangat perlu.

"Saya memanfaatkan libur lebaran untuk mencetak KTP elektronik," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar