41.833 pemudik lewat udara telah tiba di Sumbar

id Pemudik Udara,BIM,Mudik Lebaran

41.833 pemudik lewat udara telah tiba di Sumbar

Penumpang mengambil barang bawaan di Bandara Internasional Minangkabau di Padang Pariaman Kamis (7/6). PT Angkasa Pura II memperkirakan pergerakan penumpang mencapai 152 ribu orang pada mudik Lebaran 2018. (Antara Sumbar/Ikhwan Wahyudi)

Padang Pariaman, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 41.833 pemudik menggunakan pesawat udara tiba di Bandara Internasional Minangkabau di Padang Pariaman, Sumatera Barat sepanjang H-8 hingga H-4 atau 7 Juni hingga 11 Juni 2018.

"Jumlah tersebut mengalami peningkatan 20,88 persen dibandingkan periode yang sama pada 2017 yang saat itu kedatangan pemudik hanya mencapai 33.012 orang," kata Humas PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Minangkabau Fendrick Sondra di Padang Pariaman, Selasa.

Ia menyebutkan kedatangan pemudik tersebut diangkut oleh 212 penerbangan.

Sebaliknya dari H-8 hingga H-4 jumlah penumpang yang berangkat dari Padang menuju Jakarta mencapai 26.486 orang.

Sementara pada H-4 jumlah atau 11 Juni 2018 penumpang yang tiba mencapai 8.854 orang atau naik delapan persen dibandingkan periode yang sama 2017 yang hanya 8.214 pemudik.

Ia menyampaikan puncak arus mudik kedatangan penumpang di Bandara Internasional Minangkabau diperkirakan akan terjadi pada H-3 atau 12 Juni 2018.

Berdasarkan pengalaman tahun lalu dan data statistik diperkirakan H-3, namun demikian mengingat 9 Juni sudah mulai libur secara bertahap pemudik mulai berdatangan, kata dia.

Sementara untuk arus balik diperkirakan akan terjadi pada 19-20 Juni serta 23 dan 24 Juni 2018.

Sebelumnya General Manajer PT Angkasa Pura II Bandara Bandara Internasional Minangkabau Dwi Ananda Wicaksana kembali mengingatkan penumpang pesawat udara utidak bercanda membawa bom karena bisa merugikan orang lain dan ditindak secara hukum.

Pada Senin (11/6) seorang penumpang maskaipai Wings Air atas nama Nanda Satrya diamankan aparat keamanan gabungan di Bandara Internasional Minangkabau karena bercanda membawa bom dalam barang bawaan

Akibat kejadian itu pilot dan seluruh penumpang diturunkan karena harus dilakukan pemeriksaan ulang barang bawaan penumpang.

Ia menyampaikan kronologi kejadian berawal saat pelaku yang sedang sedang mudik, dari Aceh - Medan - transit di Padang selanjutnya menuju Jambi ketika sudah berada di pesawat Wings Air IW1293 ditanyai oleh pramugari apa isi kardus yang dibawa.

Yang bersangkutan menjawab bom, selanjutnya pramugari lapor ke pilot dan semua penumpang di turunkan untuk diperiksa ulang.

Pelaku yang merupakan personel TNI itu di bawa ke Posko Pengamanan Bandara oleh petugas Avsec Angkasa Pura II untuk diamankan bersama dengan satuan TNI POLRI yang BKO di BIM.

Ia menyampaikan saat ini oknum pelaku telah diserahkan kepada Otoritas Bandar Udara Wilayah VI dibantu dari pihak kepolisian untuk menindaklanjuti perbuatan iseng tersebut.

Setelah petugas Avsec memeriksa ulang penumpang serta bagasi dan setelah dinyatakan clear pesawat kembali diberangkatkan menuju Jambi, kata dia. (*)