Pokdarwis juga dilibatkan jaga keamanan objek wisata di Padang Pariaman

id Suhatri Bur

Wakil Bupati Padang Pariaman, Sumbar, Suhatri Bur. (Antara Sumbar/Aadiat MS)

Kami tentu berkoordinasi dengan pihak terkait untuk pengamanan ini
Parit Malintang, (Antaranews Sumbar) - Wakil Bupati Padang Pariaman, Sumatera Barat Suhatri Bur menyatakan 15 kelompok sadar wisata (Pokdarwis) akan ikut menjaga keamanan dan keselamatan wisatawan di objek wisata selama libur Lebaran 2018.

"Pokdarwis sudah terbentuk di sejumlah objek wisata di Padang Pariaman, mereka akan ikut menjaga keamanannya," kata dia di Parit Malintang, Senin.

Ia mengatakan Pokdarwis tersebut tidak saja bertugas mengelola objek wisata, namun juga bertanggung jawab terhadap keselamatan dan keamanan wisatawan.

Apalagi lanjutnya objek wisata di Padang Pariaman didominasi oleh destinasi minat khusus dan pantai yang tentunya diperlukan perhatian terhadap keselamatan pengunjungnya.

Pokdarwis di daerah itu dilatih agar bisa memahami tugas dan tanggung jawabnya serta mengetahui apa yang harus dilakukan jika terjadi permasalahan.

Adapun pelatihan yang diberikan di antaranya latihan gabungan antara Pokdarwis dengan Palang Merah Indonesia, Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu.

Pelatihan tersebut berisi materi dan praktik untuk menangani korban tenggelam serta kecelakaan sehingga pokdarwis dapat segera menanganinya.

Selain Pokdarwis, lanjutnya kelompok siaga bencana di daerah itu juga siap membantu apabila terjadi peristiwa yang mengancam keselamatan warga dan wisatawan.

Sementara Kapolres Padang Pariaman, AKBP Rizki Nugroho mengatakan pihaknya juga akan menerjunkan anggotanya untuk mengamankan sejumlah objek wisata.

"Kami tentu berkoordinasi dengan pihak terkait untuk pengamanan ini," katanya.

Ia mengatakan pengamanan tersebut tidak saja di wilayah darat, namun juga pantai apalagi instansi itu juga memiliki Polisi Perairan. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar