Pasaman Barat siagakan alat berat antisipasi longsor selama libur lebaran

id alat berat

Salah satu alat berat milik Dinas Pekerjaan Umum dan Penataaan Ruang Pasaman Barat yang di-standby-kan selama libur lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah. (Antara Sumbar/Altas Maulana)

Di sepanjang jalan sekitar enam kilometer itu merupakan daerah perbukitan yang sangat rawan longsor
Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) menyiagakan empat alat berat sebagai antisipasi longsor selama libur lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah.

"Benar, kita siap dengan alat berat jika terjadi longsor selama libur lebaran karena Pasaman Barat merupakan rawan bencana longsor," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pasaman Barat, Ardiaksyah di Simpang Empat, Senin.

Ia mengatakan empat alat berat yang disiapkan adalah satu unit excavator Lpc200, satu unit bakhoe loader, satu unit motor greader dan satu unit vibro.

"Alat itu kita standbykan di kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang beserta operatornya. Jika ada longsor maka akan kita bantu secepatnya," katanya.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar memberikan informasi secepatnya jika ada longsor terjadi. Sehingga alat berat bisa dengan cepat membersihkan material longsor yang ada.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Try Wahluyo mengingatkan pemudik bajwa daerah rawan longsor di Pasaman Barat berada di Kecamatan Talamau.

Menurutnya titik yang rawan longsor berada di sepanjang daerah lubang jepang, kelok kaco sampai ke daerah Talu.

"Di sepanjang jalan sekitar enam kilometer itu merupakan daerah perbukitan yang sangat rawan longsor," ujarnya.

Untuk itu pihaknya menyiapkan sembilan orang personil selama libur lebaran nanti.

"Anggota nanti standby 24 jam beserta peralatan yang ada seperti tenda, mobil operasional, kapal, perahu, alat selam dan lainnya," katanya.

Pihaknya juga mewaspadai bencana banjir dan kecelakaan di sejumlah objek wisata pantai Sasak dan Air Bangis.

"BPBD akan terus tingkatkan koordinasi dengan pihak terkait dalam rangka kesiapsiagaan bencana saat lebaran," sebutnya.

Pihaknta mengimbau kepada warga Pasaman Barat diminta tetap waspada, terhadap bencana alam saat merayakan lebaran. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar