PMI Pasaman Barat sediakan darah melalui "on call"

id Darah,PMI Pasaman Barat

(ANTARA SUMBAR/Muhammad Arif Pribadi/Maril/18)

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat menyediakan darah bagi pasien yang membutuhkan, selama libur Lebaran 2018, melalui program donor darah on call.

"Benar, masyarakat yang membutuhkan darah dengan cepat akan bisa menghubungi PMI melalui program on callini," kata Ketua PMI Pasaman Barat, Yunisra Syahiran, didampingi Kepala Markas PMI Ridawarsa di Simpang Empat, Minggu.

Program on callmerupakan program rutin yang dilakukan PMI selama ini. Untuk libur Lebaran ini, masyarakat bisa memanfatkan program tersebut jika membutuhkan darah.

"Kita memiliki 800 lebih nomor handphonependonor dengan berbagai macam golongan darah yang siap dihubungi. Bermodalkan nomorhandphonependonor tersebut, PMI dan masyarakat yang membutuhkan darah bisa segera mendapatkan pendonor," ujarnya.

Dia menjelaskan saat Lebaran dan libur kerja membuat sejumlah masyarakat yang memutuhkan darah secara mendadak menjadi kesulitan untuk mencari pendonor.

Namun, katanya, dengan tersedianya ratusan nomor telepon pendonor yang siap dihubungi oleh PMI, hal itu akan membantu masyarakat yang membutuhkan darah.

Apalagi, seluruh pendonor yang terdaftar di PMI tersebut, sebagian besar merupakan pendonor aktif dan rutin melakukan aksi donor secara berkala.

"Sehingga dengan cara tersebut selama libur Lebaran ini dapat memenuhi kebutuhan darah untuk sejumlah pasien di rumah sakit yang ada," katanya.

Ia menambahkan jika ada masyarakat yang membutuhkan darah, cukup mendatangi markas atau posko PMI untuk melaporkan kebutuhan darah dan data pasien.

Setelah itu, pihak PMI akan menghubungi relawan pendonor. PMI memastikan relawan atau keluarga pasien bisa langsung menjalin komunikasi.

Ia mengimbau masyarakat lebih meningkatkan rasa peduli bersama dengan cara melakukan aksi donor darah secara rutin.

Ia mengakui hingga saat ini, kebutuhan dan stok darah di PMI setempat dan unit donor darah di Pasaman Barat masih minim.

Hal itu, kata dia, sering membuat masyarakat dan pasien menjadi kesulitan memenuhi kebutuhan darah.

"Kami siap memberikan layanan kepada masyarakat selama libur Lebaran. Selain itu, juga siap memberikan bantuan jika ada bencana atau kecelakaan," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar