Kunjungan Puskesmas Kinali Pasaman Barat Meningkat

id puskesmas

Kunjungan Puskesmas Kinali Pasaman Barat  Meningkat

kesehatan (pixabay.com) (/)

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Kunjungan pasien rawat jalan dan rawat inap di Puskemas Kinali, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) pada H-5 Idul Fitri 1439 Hijriah terus meningkat.

"Benar, dalam satu hari puskesmas melayani sekitar 80-130 pasien. Bahkan pasien ada yang dirawat inap di ruang rawatan," kata Kepala Puskesmas Kinali, Ernita Kasnedi di Simpang Empat, Minggu.

Menurutnya sejak 2017 lalu jumlah kunjungan masyarakat ke Puskesmas Kinali terus mengalami peningkatan karena semakin membaiknya pelayanan, sarana serta tersedianya ruangan rawatan yang cukup memadai.

Menurutnya, khusus selama bulan ramadhan hingga saat ini, Puskesmas Kinali mencatat jumlah kunjungan pasien masih tetap tinggi.

Sebagian besar dari masyarakat mengeluhkan penyakit akibat cuaca ekstrim seperti ispa, diare dan sejumlah penyakit lansia lainnya.

Ia menjelaskan peningkatan jumlah pasien merupakan dampak dari luasnya wilayah kerja dan banyaknya masyarakat Kinali.

Saat ini tercatat sebanyak 31.000 jiwa masyarakat yang berada di wilayah kerjanya. Bahkan beberapa di antaranya merupakan pekerja pabrik dan perkebunan yang rawan terjadi kecelakaan kerja.

Untuk menghadapi lebaran nanti pihak puseksmas mengaku sudah mengatur jadwal dan mempersiapkan layanan IGD dan UGD selama 24 jam.

Selain itu juga menyiapkan pos siaga mudik di jalan lintas Pasaman Barat- Padang.

Sebab, daerah Kinali selama ini tercatat sebagai daerah yang rawan dan sering terjadi kecelakaan lalu lintas.

"Saat ini Puskesmas Kinali memiliki 10 tempat tidur untuk pasien rawat inap dan sarana medis yang cukup memadai untuk menangani pasien," katanya.*