Sejumlah daerah di Sumbar hujan ringan saat mudik Lebaran

id BMKG Sumbar,Prakiraan Cuaca di Sumbar,Arus Mudik Lebaran

Sejumlah daerah di Sumbar hujan ringan saat mudik Lebaran

Ilustrasi pantauan cuaca Sumatera Barat melalui satelit. (BMKG)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Minangkabau, Padang Pariaman, Sumatera Barat, memperkirakan cuaca provinsi itu saat mudik Lebaran 2018 hujan ringan terutama pada sore hingga malam hari.

"Secara umum cuaca Sumbar cerah berawan, namun terdapat potensi hujan ringan tiga hari ke depan pada sore hingga malam hari," kata Kepala Seksi Informasi dan Observasi BMKG Minangkabau, Yudha Nugraha di Padang, Jumat.

Menurutnya beberapa daerah yang berpotensi hujan yakni Kota Padang, Kabupaten Padang Pariaman, Sijunjung, Dharmasraya, Kabupaten Solok, Solok Selatan, dan Pesisir Selatan.

Oleh sebab itu, ia meminta pengendara atau pemudik yang melintasi daerah tersebut agar waspada dan selalu membawa jas hujan.

Pengendara juga mesti mewaspadai potensi bencana terutama di jalur rawan longsor seperti Sitinjau Laut, Lembah Anai, Tanjung Gadang, dan Surian.

"Apalagi saat ini banyak yang mudik ke kampung halaman, sehingga kondisi cuaca harus diperhatikan," katanya.

Namun untuk cuaca pada pagi hingga siang hari, lanjutnya cerah berawan. Oleh sebab itu, ia mengimbau pemudik agar memulai perjalanan sejak pagi agar tidak terkena hujan pada sore hari.

"Secara umum Juni 2018 kondisi cuaca pada pagi hingga siang didominasi cerah berawan hingga berawan," ujarnya.

Ia menyebutkan untuk suhu udara pada Juni 2018 yakni minimum 18 derajat celsius dan maksimum mencapai 32 derajat celsius pada siang hari.

Yudha juga mengimbau masyarakat untuk mewaspadai dehidrasi ringan khususnya pada siang hari terutama di Padang, Padang Pariaman, Kota Pariaman, Pesisir Selatan, Sawahlunto dan Kota Solok.

"Apalagi ini bulan puasa, saat sahur dianjurkan perbanyak minum air putih," kata dia. (*)