BPJS-Ketenagakerjaan Solok serahkan klaim JHT Rp132 juta

id BPJS Ketenagakerjaan,Program JHT,Klaim JHT

BPJS-Ketenagakerjaan Solok serahkan klaim JHT Rp132 juta

​​​​​​​Kepala Cabang Perintis BPJS Ketenagakerjaan KCP Dharmasraya, Armansyah menyerahkan JHT kepada Bastian Manager Keuangan Perwakilan Perusahaan PT Tidar Kerinci Agung, di Pulau Punjung.   (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Padang Aro, (Antaranews Sumbar) - Badan Penyelanggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Solok menyerahkan klaim Jaminan Hari Tua sebesar Rp132 juta kepada Murdi, karyawan PT Tidar Kerinci Agung.

Penyerahan klaim tersebut dilakukan secara simbolis oleh Kepala Cabang Perintis BPJS Ketenagakerjaan KCP Dharmasraya, Armansyah kepada Bastian Manager Keuangan Perwakilan Perusahaan PT Tidar Kerinci Agung, di Pulau Punjung.

"Program JHT sebagai pengganti terputusnya penghasilan tenaga kerja karena berhenti bekerja, meninggal, cacat, dan sudah tua," kata Kepala Cabang Perintis BPJS Ketenagakerjaan KCP Dharmasraya, Armansyah.

Dia berharap, klaim JHT ini dapat dimanfaatkan oleh penerima sebaik-baiknya dan bisa meringankan keluarganya menghadapi hari raya Idul Fitri.

JHT merupakan salah satu manfaat BPJS Ketenagakerjaan dan berharap kesadaran para pekerja maupun pelaku usaha akan pentingnya jaminan sosial meningkat untuk mengikuti program BPJS.

Dia mengatakan, dalam proses pengambilan klaim BPJS Ketenagakerjaan, proses yang dilalui sangat mudah dan lancar, pelayanan dengan pelayanan maksimal.

Program perlindungan yang diberikan oleh BPJS-Ketenagakerjaan yaitu Jaminan Hari tua (JHT), Jaminan Kematian (JK) jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan jaminan Pensiun (JP).

Sampai saat ini peserta BPJS-Ketenagakerjaan cabang Solok ada 1.155 perusahaan serta 19.376 tenaga kerja aktif.

Sedangkan untuk klaim sampai saat ini sudah Rp168 juta yang diberikan untuk klaim kematian dan beasiswa 48 juta bagi anak peserta yang meninggal dunia dan santunan cacat fungsi Rp31 juta serta JHT Rp132 juta.

BPJS-ketenagakerjaan Solok membawahi enam Kabupaten/Kota yaitu Kota Solok, Sawahlunto, Kabupaten Solok, Solok Selatan, Sijunjung dan Dharmasraya. (*)