Penerbangan rute Jakarta-Padang masuk terpadat di Indonesia

id Rute Penerbangan Terpadat,Rute Penerbangan Jakarta-Padang,Otoritas Bandara wilayah 6

Penerbangan rute Jakarta-Padang masuk terpadat di Indonesia

Pemaparan Otoritas Bandara wilayah 6 Padang di hadapan Komisi V DPR RI dalam rangka meninjau persiapan arus mudik di Padang Pariaman, Kamis (7/6). (Antara Sumbar/Ikhwan Wahyudi.)

Padang Pariaman, (Antaranews Sumbar) - Pejabat Kantor Otoritas Bandara wilayah 6 Padang menyampaikan rute Jakarta-Padang merupakan satu dari tujuh jalur penerbangan dengan kategori amat padat di Indonesia.

" Di Tanah Air ada tujuh rute amat padat nomor satu Jakarta-Surabaya dan Jakarta-Padang masuk peringkat tujuh," kata Kepala Otoritas Bandara Wilayah 6 Padang Agus Subagyo di Padang Pariaman, Kamis.

Ia menyampaikan hal itu saat rapat dengar pendapat dengan Komisi V DPR RI dalam rangka kunjungan kerja spesifik memantau persiapan mudik di Sumbar yang digelar di ruangan VIP Bandara Internasional Minangkabau.

Menurut dia karena jalur Jakarta- Padang masuk kategori amat padat pihaknya akan melakukan pengawasan ekstra selama arus mudik Lebaran.

"Hal ini untuk memastikan pelayanan di bandara kepada pemudik terlaksana dengan baik," ujar dia.

Ia menyebutkan pada arus mudik Lebaran tahun ini terdapat penerbangan tambahan di Bandara Internasional Minangkabau dengan kapasitas 108 ribu penumpang dilayani enam maskapai.

Sementara General Manajer PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Minangkabau Dwi Ananda menyampaikan saat ini panjang landasan bandara sudah mencapai 2.750 meter dan dapat didarati oleh pesawat berbadan lebar.

Untuk kapasitas apron mampu menampung delapan pesawat parkir dalam waktu bersamaan, kata dia.

Sementara kapasitas terminal saat ini mencapai 2,7 juta penumpang per tahun walaupun pada 2017 jumlah penumpang sudah mencapai empat juta orang.

"Saat ini sudah ada investasi dan pengembangan untuk perluasan terminal," kata dia.

Tidak hanya itu Bandara Internasional Minangkabau juga menyediakan enam mushala, 32 toilter dan 26 kontek chek in serta dua konter chek in mandiri. (*)