Pemerintah alokasikan Rp163 miliar perbaikan jalan nasional ruas Surian-Kerinci

id Perbaikan jalan nasional,Solok Selatan,Yulian Efi

Pemerintah alokasikan Rp163 miliar perbaikan jalan nasional ruas Surian-Kerinci

Ilustrasi - (ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko)

Padang Aro, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah pusat mengalokasikan anggaran Rp163 miliar untuk peningkatan jalan nasional ruas Surian-Kerinci yang melintasi Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat.

"Berdasarkan informasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dari alokasi Rp163 miliar itu untuk tahun ini hanya Rp80 miliar sementara sisanya dialokasikan pada 2019," kata Sekretaris Daerah Solok Selatan, Yulian Efi, di Padang Aro, Kamis.

Dia berharap masyarakat mendukung pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah supaya berjalan lancar dan aman, salah satunya mengikhlaskan lahan yang terkena dampak pembangunan serta mengawasi pelaksanaannya.

"Kalau ada tanah masyarakat yang terkena dampak pembangunan harus ikhlas sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah," ujarnya.

Menurutnya tanpa dukungan masyarakat pembangunan yang dilakukan pemerintah tidak akan berjalan lancar.

"Pembangunan yang dilaksanakan untuk kebaikan masyarakat sehingga butuh dukungan masyarakat," ujarnya.

Sebelumnya Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit meminta masyarakat Solok Selatan mendukung percepatan pembangunan yang sedang dilakukan pemerintah provinsi terutama dalam hal kesediaan pembebasan tanah.

"Ada beberapa proyek provinsi di Solok Selatan yang sampai sekarang masih terkendala pembebasan lahan sehingga pengerjaannya belum juga selesai," kata dia.

Sekarang ini ganti rugi tanah menggunakan appraisal bukan lagi berdasarkan NJOP, jadi tidak akan ada kecurangan dan uangnya juga langsung dikirim ke rekening pemilik lahan tanpa ada pemotongan. (*)