Rupiah menguat 27 poin pada Rabu sore

id rupiah

Rupiah menguat 27 poin pada Rabu sore

Petugas menghitung uang rupiah di salah satu gerai penukaran mata uang asing di Jakarta, Rabu (14/3). Bank Indonesia menyatakan belum ada potensi level depresiasi nilai tukar rupiah mencapai Rp15.000 per dolar Amerika karena fundamental ekonomi Indonesia sekarang ini cukup terjaga baik terlihat dari laju inflasi di 2,5-4,5 persen dari tahun ke tahun, defisit neraca transaksi pembayaran 2,-2,5 persen PDB dan prospek pemulihan pertumbuhan ekonomi. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc/18.) (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc/18./)

Penguatan rupiah hari ini masih dipengaruhi faktor eksternal yaitu kemungkinan terjadinya perang dagang yang semakin meluas,
Jakarta, (Antaranews Sumbar) - Kurs Rupiah yang diperjual belikan antarbank di Jakarta, Rabu sore, menguat 27 poin menjadi Rp13.853 dibandingkan sebelumnya Rp13.880 per dolar AS.

"Penguatan rupiah hari ini masih dipengaruhi faktor eksternal yaitu kemungkinan terjadinya perang dagang yang semakin meluas," kata Analis Monex Investindo Futures Putu Agus Pransuamitra di Jakarta, Rabu.

Putu menuturkan, sebelumnya isu perang dagang hanya terjadi antara AS dengan Tiongkok. Namun, kini kemungkinan juga terjadi antara AS dengan Meksiko dan Kanada yang menyebabkan dolar tertekan.

Selain itu, lanjut Putu, pelaku pasar juga masih menunggu pengumuman kebijakan moneter The Fed pekan depan untuk melihat proyeksi berapa kali lagi suku bunga akan dinaikkan di tahun ini.

Sementara dari dalam negeri, dua kali kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia, serta data inflasi yang masih terjaga, menjadi sentimen positif bagi rupiah.

Menurut Putu, rupiah berkesempatan mengalami apresiasi lebih jauh pada pekan ini dibandingkan level saat ini.

"Saya rasa ada peluang menguat lebih jauh di pekan ini, karena kemungkinan The Fed tidak akan terlalu agresif menaikkan suku bunga, atau kemungkinan hanya dua kali lagi di tahun ini. Penguatan rupiah bisa ke kisaran Rp13.780," ujarnya.

Dalam kurs tengah Bank Indonesia (BI) pada Rabu, tercatat nilai tukar rupiah bergerak menguat ke posisi Rp13.875 dibandingkan posisi sebelumnya Rp13.887 per dolar AS.(*)