Kelok 44 jadi fokus Polres Agam dalam Operasi Ketupat

id Operasi Ketupat,Kelok 44,Polres Agam

Kelok 44 jadi fokus Polres Agam dalam Operasi Ketupat

Kapolres Agam AKBP Ferry Suwandi sedang memeriksa personel yang akan melakukan Operasi Ketupat Singgalang 2018 saat apel gelar pasukan di halaman Mapolres Agam, Rabu (6/6). (ANTARA SUMBAR/Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Kepolisian Resor Agam, Sumatera Barat, memfokuskan untuk mengamankan Kelok 44 dengan membentuk tiga pos pengamanan saat Operasi Ketupat Singgalang 2018 dalam rangka memberikan kenyamanan kepada pemudik saat Idul Fitri 1439 Hijriyah.

Kapolres Agam AKBP Ferry Suwandi di Lubukbasung, Rabu, mengatakan, ketiga pos pengamanan itu dibentuk di Kelok 1, Kelok 32 dan Kelok 44.

"Kami mengarahkan 100 personel di tiga pos itu," kata saat apel gelar pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2018 di Lubukbasung.

Polres Agam memfokuskan pengamanan di Kelok 44 itu karena jalan berukuran kecil, memiliki bengkolan cukup banyak, rawan pohon tumbang dan longsor.

Selain di Kelok 44, pihaknya juga membentuk pos pengamanan di Simpang Gudang Manggopoh, Kecamatan Lubukbasung.

Daerah itu merupakan jalur lintas nasional yang menghubungkan antara Pasaman menuju Padang.

"Daerah ini merupakan rawan kecelakaan karena kondisi jalan cukup bagus," katanya.

Selain membentuk pos pengamanan, pihaknya juga membentuk tujuh pos pantau.

Pos pantau ini dibentuk di pusat perbelanjaan, pasar tradisional dan lainnya menjelang Idul Fitri dan di objek wisata dan keramaian setelah Idul Fitri.

"Pos ini bersifat dinamis dan pos itu dibentuk apabila ada potensi kemacetan," katanya.

Operasi ketupat yang digelar selama 18 hari dimulai pada 7 sampai 24 Juni 2018, pihaknya mengerahkan 200 personel. Ini belum termasuk anggota Kodim 0304 Agam, Dinas Perhubungan setempat, Satpol PP Damkar Agam, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan lainnya. Saat operasi itu, ada empat potensi kerawanan yang harus diwaspadai bersama.

Potensi kerawanan pertama terkait stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan. Polres Agam telah menurunkan Tim Satgas Pangan ke pasar dan kondisi persediaan atau harga masih aman jelang lebaran.

Sementara potensi kerawanan kedua permasalahan kelancaran dan keselamatan arus mudik dan arus balik.

Lalu potensi kerawanan ketiga potensi bencana alam dan gangguan Kamtibmas lainnya.

Potensi kerawanan keempat ancaman tindak pidana terorisme. (*)