Lebaran, Solok Selatan siagakan 117 petugas kesehatan per hari

id Arus Mudik,Lebaran 2018,Dinas Kesehatan Solok Selatan

Lebaran, Solok Selatan siagakan 117 petugas kesehatan per hari

Dinas Kesehatan Solok Selatan, Novirman (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Padang Aro, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) menyiagakan sembilan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) beserta 117 petugas kesehatan per hari saat arus mudik dan balik lebaran Idul Fitri 1439 Hijriyah.

Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan, Novirman di Padang Aro, Rabu, mengatakan petugas kesehatan yang disiagakan selama arus mudik dan balik lebaran terdiri dari dokter, perawat, bidan beserta sopir ambulance dan mereka akan melayani 24 jam penuh.

"Petugas kesehatan dibagi menjadi tiga shift yaitu pagi, sore dan malam serta dalam satu hari rata-rata petugas piket sebanyak 13 orang," ujarnya.

Untuk shift pagi ditugaskan lima orang dan sore dan malam masing-masing tiga orang serta dua petugas siaga diruang rawatan.

Sedangkan untuk ambulance, kata dia, setiap puskesmas sudah memiliki dua unit dan semuanya siap dioperasikan selama lebaran.

Dia menyebutkan, setiap pemudik juga bisa memanfaatkan posko kesehatan untuk memeriksakan kesehatan secara gratis.

"Pemudik yang lelah atau sekadar memeriksa tekanan darah bisa memeriksakannya di posko kesehatan," ujarnya.

Dia mengimbau, pengendara mobil untuk berhenti untuk istirahat setiap empat jam sekali dan pengendara sepeda motor istirahat setiap dua jam untuk menghindari lelah.

"Kalau berkendara saat lelah bisa menngantum dan itu membahayakan diri sendiri dan orang lain," ujarnya.

Kantuk saat berkendara katanya datangnya seketika dan bisa mengancam nyawa pengemudj maupun penumpangnya oleh sebab itu disarankan istirahat setiap empat jam bagi mobil dan dua jam untuk sepeda motor.

Selain itu pihaknya juga menyiagakan petugas untuk mengantisipasi apabila terjadi bencana.

"Jika terjadi bencana kami mempersiapkan tambahan petugad dari Dinas Kesehatan lengkap dengan kendaraannya," kata dia.