Jalan Provinsi di Sumbar Layak Dilewati Pemudik

id Jalur mudik

Jalan Provinsi di Sumbar Layak Dilewati Pemudik

Pengendara sepeda motor melintas di jalan Inspeksi Kalimalang, Jakarta Timur, Selasa (7/9). Memasuki H-3 Lebaran, ribuan kendaraan memadati jalur mudik sepeda motor menuju Jawa Barat dan Jawa Tengah, dan diperkirakan pada arus mudik 2010 ini minimal 500.000 kendaraan yang akan melalui jalur Cawang-Kali Malang-Bekasi. (FOTO ANTARA/Yudhi Mahatma/ed/ama/10)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno memastikan jalan provinsi di daerah itu layak untuk dilalui oleh pemudik pada lebaran 2018.

"Saya sudah perintahkan Dinas PUPR melakukan perbaikan dan perawatan jalan provinsi agar layak dilewati pemudik," kata dia di Padang, Selasa.

Ia mengatakan itu terkait kesiapan jalan provinsi di Sumbar jelang arus mudik lebaran 2018.

Beberapa ruas jalan yang dilaporkan masih berlubang dan terban seperti di pinggiran Danau Singkarak yang merupakan jalan lintas Sumatera, menjadi catatan untuk segera diperbaiki.

"Nanti kami cek lagi. Intinya, jalan di Sumbar harus baik menjelang arus mudik," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas PUPR Sumbar Fathol Bari mengatakan memang masih ada beberapa titik jalan berlubang, diantaranya di Agam dari Maninjau menuju Bukittinggi, di Sijunjung dan Kabupaten Solok.

"Kami sedang upayakan semua jalan provinsi yang digunakan untuk jalur mudik tidak ada yang berlubang dengan cara penambalan," katanya.

Sedangkan untuk jalan nasional yang menjadi jalur mudik, Pemprov Sumbar berkoordinasi dengan Balai Jalan yang memiliki kewenangan.

Puncak arus mudik di Sumbar diperkirakan pada H-3 lebaran. Untuk mengatasi penumpukan kendaraan di titik rawan, disiapkan beberapa jalan alternatif.

Jalan alternatif itu diantaranya Sicincin-Malalak untuk jalur Padang-Bukittinggi. Jalan Sungai Puar untuk jalur Padangpanjang-Payakumbuh-Riau.*