Polda Sumbar kerahkan ribuan personel amankan lebaran

id Fakhrizal

Polda Sumbar kerahkan ribuan personel amankan lebaran

Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal. (Antara Sumbar/Mario S Nasution)

Untuk rawan macet di wilayah Sumbar berada di jalur ke arah Kota Bukittinggi, kemudian ke arah Pesisir Selatan. Itu daerah yang kita antisipasi rawan kamacetan
Padang, (Antaranews Sumbar) - Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Fakhrizal menyatakan pihaknya akan mengerahkan ribuan personel untuk mengamankan pelaksanaan arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1439 Hijriah.

"Kami mengerahkan dua pertiga kekutan dari seluruh personel yang akan ditempatkan di kawasan jalur mudik dan titik rawan kecelakaan," kata dia di Padang, Selasa.

Menurut dia seluruh personel bertugas untuk mendukung kelancaran arus mudik dan arus balik lebaran di seluruh wilayah Sumatera Barat.

Ia mengatakan total dua pertiga dari keseluruhan personel itu berjumlah sekitar 6.000 personel dari total keseluruhan personel Polda Sumbar sebanyak 10 ribu orang. Pihaknya juga telah memetakan titik-titik rawan kecelakaan dan titik kemacetan.

"Untuk rawan macet di wilayah Sumbar berada di jalur ke arah Kota Bukittinggi, kemudian ke arah Pesisir Selatan. Itu daerah yang kita antisipasi rawan kamacetan," katanya.

Selain itu pihaknya juga menginstruksikan anggota untuk melakukan pengamanan di lokasi-lokasi wisata yang ada di seluruh Sumatera Barat, saat liburan Idul Fitri destinasi wisata akan dipenuhi oleh warga yang menikmati libur mereka.

"Petugas di sana bertugas untuk menjaga keamanan dan ketertiban di lokasi wisata agar masyarakat nyaman dalam menikmati hari libur mereka," kata dia.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang akan mudik agar lebih berhati-hati dan melakukan pengecekan rumah yang akan ditinggal. Sebaiknya rumah ini dititipkan kepada tetangga agar lebih aman.

"Periksa arus listrik dan kompor, jangan sampai rumah ditinggalkan sementara kompor masih ada yang belum mati," kata dia.

Selain itu pihaknya juga akan meningkatkan kewaspadaan mengingat kejadian yang terjadi di Surabaya dan Riau untuk meminimalkan hal tersebut. Selain itu tim Brimob juga telah disebar di Polres-Polres yang dianggap rawan sehingga memperkuat keamanan di wilayah tersebut.

"Kita berharap daerah ini tetap aman dan tenang seperti tahun-tahun sebelumnya," kata dia. (*)