Baznas Padang Pariaman khitan 370 anak selama Ramadhan

id Khitanan

Baznas Padang Pariaman khitan 370 anak selama Ramadhan

Sejumlah peserta sedang berfoto bersama pada kegiatan khitanan masal di Sungai Geringging, Padang Pariaman Senin (4/6). (ist)

Parit Malintang, (Antaranews Sumbar) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat bekerja sama dengan organisasi pemuda Sungai Geringging mengkhitan 370 anak selama Ramadhan 1439 hijriah.

"Baznas menganggarkan untuk 170 anak yang dibagi 10 anak per kecamatan," kata Ketua Baznas Kabupaten Padang Pariaman, Syamsuardi Surma di Parit Malintang, Selasa.

Sedangkan, lanjutnya organisasi pemuda di Sungai Geringging mengkhitankan 200 anak.

Ia mengatakan kegiatan tersebut diselenggarakan mulai dari Rabu (30/5) sampai dengan Senin kemarin.

"Kegiatan terakhir yaitu di Sungai Geringging dengan jumlah anak mencapai 240 orang," katanya.

Ia menyebutkan masing-masing anak tersebut diberikan uang transportasi senilai Rp50 ribu ditambah dengan kain sarung.

Ia mengatakan dana mengkhitankan 170 anak tersebut diambil dari zakat aparatur sipil negara (ASN) di daerah itu serta perantau.

Ia menyebutkan dana zakat yang berhasil dihimpun oleh badan tersebut pada 2017 mencapai Rp5,6 miliar dan jumlah tersebut turun dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp7 miliar karena pemindahan kewenangan ASN ke provinsi.

Pihaknya terus berupaya agar dana zakat tersebut naik guna meningkatkan pendanaan kegiatan lainnya di antaranya bedah rumah, beasiswa, dan santunan untuk warga yang mengalami musibah.

Ketua Himpunan Pemuda Pelajar Sungai Geringging, Rudy Koto mengatakan kegiatan tersebut juga merupakan kerja sama antara pihaknya dengan organisasi masyarakat Pembela Tanah Air Indonesia Bersatu dan dinas terkait.

Ia menyebutkan pihaknya memperoleh sumbangan dari anggota DPR RI, John Kenedy Aziz untuk mendanai kegiatan tersebut.

"Jadi kami sifatnya hanya perentara," ujarnya.

Ia mengatakan kegiatan tersebut juga pernah diselenggarakan pada tahun lalu namun untuk sekarang pihaknya mengikutsertakan 100 anak yatim.

Pihaknya akan mengupayakan agar tahun depan kegiatan tersebut kembali dilaksanakan dengan jumlah peserta meningkat. "Kami akan menambah donaturnya karena melihat banyaknya anak-anak yang ikut pada kegiatan khitan masal tersebut," kata dia. (*)