Pasar pabukoan dadakan di Air Bangis bawa berkah bagi masyarakat

id Pasar Pabukoan,Pasar Pabukoan Dadakan

Pasar pabukoan dadakan di Air Bangis bawa berkah bagi masyarakat

Adanya pasar takjil atau pasar pabukoan dadakan saat bulan Ramadhan 1439 Hijriah membawa berkah untuk masyarakat Air Bangis Pasaman Barat. (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar)) - Kehadiran pasar takjil atau pabukoan dadakan di sekitar lapangan terbuka Air Bangis Kabupaten Pasaman Barat membawa berkah bagi masyarakat di daerah itu.

"Tentu ada berkahnya karena kita bisa menjual makanan dan minuman untuk berbuka," kata salah seorang pedagang, Yulisni di Air Bangis, Senin.

Ia mengatakan di sekitar lapangan Nagari Air Bangis setiap sore pasar pabukoan yang bersifat dadakan itu selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitar.

Puluhan sampai ratusan pedagang menjajakan berbagai jenis makanan dan minuman yang biasa dimakan oleh masyarakat saat berbuka puasa. Mulai dari makanan tradisional, minuman dan lauk untuk berbuka.

Kehadiran pasa pasar pabukoan dadakan ini memberikan berkah dan rezki bagi masyarakat yang berjulan.

Meskipun hanya bersifat musiman dan hanya satu kali dalam setahun, namun hasil yang mereka perelah cukup menjanjikan.

Ia menyebutkan sejak awal ramadhan hingga saat ini jumlah masyarakat yang datang ke pasar pabukoan terus meningkat setiap harinya.

Bahkan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya penjualan mereka naik sekitar 100 persen.

Menurutnya saat ini dengan berjualan gorengan ia bisa mengumpulkan sekitar Rp1.000.000 juta sampai Rp1.500.000.

"Jika dibandingkan tahun lalu rata-rata pendapatan hanya Rp1 juta setiap harinya," sebutnya.

Meningkatnya pendapatan pedagang tahun ini diduga dampak mulai membaiknya ekonomi masyarakat Air Bangis. Karena sudah beroperasinya semua bagan dan kapal penangkap ikan beberapa waktu lalu.

Pedagang memprediksi kondisi ini akan terjadi hingga akhir ramadhan nanti. Sebagian besar masyarakat yang datang membeli makanan dan minuman khas Air Bangis dan goreng-gorengan untuk berbuka.

Pedagang berharap kondisi ini bisa terus bertahan, sehingga mereka bisa mendapatkan keuntungan guna memenuhi kebutuhan selama lebaran nanti. (*)