Sungai Gayo Lumpo wakili Pesisir Selatan lomba nagari berprestasi di Sumbar

id Nagari Berprestasi,Lomba Nagari Berprestasi,Pesisir Selatan

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni menyerahkan piagam ke salah satu nagari berprestasi di daerah setempat melalui wali nagari. (istimewa)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Nagari (Desa Adat) Sungai Gayo Lumpo, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan mewakili kabupaten setempat dalam lomba nagari berprestasi ke tingkat provinsi Sumatera Barat pada 2018.

"Sungai Gayo Lumpo berhasil meraih peringkat I lomba nagari berprestasi tingkat kabupaten dari 182 nagari yang dinilai oleh tim," kata Bupati setempat, Hendrajoni di Painan, Senin.

Sebagai konsekuensinya, tambahnya nagari tersebut akan mewakili kabupaten setempat mengikuti lomba serupa ditingkat provinsi dan jika menang maka akan mewakili provinsi ke tingkat nasional.

Beberapa aspek yang dinilai pada perlombaan itu diantaranya tata kelola pemerintahan nagari, kewilayahan, serta kelompok masyarakat yang meliputi ekonomi, kesehatan, PKK, pendidikan dan lembaga masyarakat.

"Perlombaan ini seyogyanya dimaksudkan agar pelayanan kepada masyarakat semakin baik dan untuk memacunya maka dibuatlah penilaian," sebutnya.

Selain, memperoleh piala, piagam serta uang pembinaan Rp7,5 juta, pemerintah kabupaten setempat juga memberikan uang Rp20 juta untuk persiapan lomba ditingkat provinsi nantinya.

Pada perlombaan tersebut, Nagari Amping Parak, Kecamatan Sutera ditetapkan sebagai peraih peringkat II dengan ganjaran piala, piagam dan uang pembinaan Rp5 juta.

Selanjutnya, Nagari Koto Nan Tigo, Kecamatan Batang Kapas ditetapkan sebagai peraih peringkat III dan berhak mendapatkan piala, piagam dan uang pembinaan Rp3 juta.

Harapan I diraih oleh Nagari Inderapura Utara, Kecamatan Air Pura dan berhak mendapatkan piagam serta uang pembinaan Rp1,5 juta.

Harapan II diraih oleh Nagari Kambang Barat, Kecamatan Lengayang dan berhak mendapatkan piagam serta uang pembinaan Rp1 juta.

Harapan III diraih oleh Nagari Punggasan Utara, Kecamatan Linggo Sari Baganti dan berhak mendapatkan piagam serta uang pembinaan Rp500 ribu. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar