Bupati: persatuan pilar utama kehidupan berbangsa

id Kesaktian Pancasila,Hari Lahirnya Pancasila

Bupati Solok, Gusmal mempimpin upacara. (ANTARA SUMBAR/Humas Pemkab Solok)

Arosuka, (Antaranews Sumbar) - Bupati Solok, Sumatera Barat, Gusmal mengatakan jika persatuan merupakan pilar utama kehidupan berbangsa saat upacara peringatan hari lahir Pancasila di Lapangan Kantor Bupati, Jumat.

"Sebentar lagi kita akan merayakan hari ulang tahun kemerdekaan RI yang ke 73. Selama 73 tahun, pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya," katanya meneruskan pidato Presiden Jokowi.

Ia menyebutkan para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan.

"Kita harus terus bersatu memperkokoh semangat Bhineka Tunggal Ika, bersatu dalam upaya kita untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan pemimpin," katanya.

Peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap 1 Juni ini harus dimanfaatkan sebagai momen pengingat, pemacu dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

"Saya ingin mengajak para ulama dan tokoh agama, guru dan ustad, politisi dan jajaran aparat pemerintahan, anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian kita," ujarnya.

Ia juga mengatakan semangat berprestasi itu tertanam kuat di dada para atlet untuk mengibarkan bendera merah putih di Asian Games dan Asian Para-games yang diselenggarakan tahun ini.

Upacara juga dihadiri Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, Kasdim Solok, Ketua TP PKK Desna devi Gusmal, Ketua GOW Dahliar Yulfadri Nurdin, dan Kepala OPD di lingkungan Pemda. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar