Libur lebaran, Telkomsel tingkatkan layanan data di lokasi wisata

id Telkomsel,Akses Data Lebaran

Libur lebaran, Telkomsel tingkatkan  layanan data di lokasi wisata

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, bersama Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah, dalam peresmian Telkomsel Smart Office di Padang, Kamis (31/5). (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Telkomsel berupaya menstabilkan layanan data pada lokasi wisata di Sumatera Barat (Sumbar), yang biasanya ramai dalam masa libur Lebaran.

"Masyarakat sering memanfaatkan masa libur Lebaran dengan mendatangi tempat wisata, hingga terjadi lonjakan trafik data karena ramai. Antisipasinya dengan meningkatkan seluruh elemen jaringan yang ada," kata Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah usai meresmikan "Telkomsel Smart Office" di Padang, Kamis.

Salah satu upaya itu, tambahnya adalah menambah Base Transceiver Station (BTS) untuk memenuhi kebutuhan layanan data.

Kestabilan layanan data di lokasi wisata dinilai mampu meningkatkan kepuasan wisatawan.

Beberapa lokasi wisata yang difokuskan adalah Jam Gadang Bukittinggi, Pantai Carocok Pesisir Selatan, Pantai Gandoriah Padangpariaman, Air Terjun Lembah Anai, Istana Pagaruyuang, Lapangan Cindua Mato, Taman Kota Solok.

Diperkirakan pada periode Ramadhan serta Lebaran, penggunaan trafik data di Sumbar meningkat 45 persen dibandingkan hari normal. Sejalan dengan peningkatan nasional sebesar 40 persen.

Tingginya penggunaan layanan data dipicu aktivitas masyarakat yang sering mengunggah foto, video, atau aktivitas lain di media sosial serta aplikasi pesan instan.

"Pelanggan juga memanfaatkan layanan data untuk mengakses informasi kuliner, penginapan, serta menikmati berbagai layanan hiburan digital, seperti video, musik, dan permainan," katanya.

Selain itu Telkomsel juga memprioritaskan tiga jalur mudik yaitu rute Padang-Rao, Padang-Sungai Rumbai, dan Padang-Pekanbaru.

Ia menyebutkan secara khusus Telkomsel membangun 12.000 Base Transceiver Station (BTS) multi-band Long Term Evolution (LTE) di seluruh Indonesia, untuk menghadirkan layanan berkualitas serta berkapasitas memadai.

Pada bagian lain, Telkomsel juga menggelar posko layanan di 772 titik strategis di jalur mudik dan lokasi wisata utama. (*)