UNP alokasikan 15 persen anggaran 2019 untuk kembangkan riset

id UNP

Rektor UNP Prof Ganefri memberikan arahan kepada civitas akademi Universitas Negeri Padang dalam Rapat Koordinasi dan Rapat Kerja Anggaran 2019 di Auditorium UNP, Kamis (31/5). (ANTARA SUMBAR / Mario S Nasution) (Ist)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat akan mengalokasikan anggaran sebesar 15 persen dari total anggaran 2019 untuk pendanaan riset bagi para dosen universitas tersebut.

"Anggaran ini dinaikkan hingga 15 persen untuk mendorong jumlah riset dan publikasi terus meningkat," kata Rektor UNP Prof Ganefri saat Rakor UNP Tahun Anggaran 2019 di Padang, Kamis.

Menurut dia dengan banyaknya publikasi yang dihasilkan oleh dosen akan mendorong pengembangan sumber daya manusia yang ada di universitas ini.

"Dengan peningkatan anggaran ini diharapkan akan banyak publikasi hasil riset yang muncul dari para dosen UNP terutama jurnal terindeks," katanya.

Ia mengatakan pengembangan sumber daya manusia membutuhkan sebuah usaha yang kuat dan proses, salah satu usaha yang dilakukan adalah mendorong dosen untuk terus melakukan riset.

"Seorang dosen pasti akan melakukan riset, tanpa riset seseorang tidak akan disebut sebagai dosen," kata dia

Ia mengatakan pada 2016 publikasi internasional berjumlah 46 judul, jumlah itu bertambah pada 2017 mencapai 184 publikasi internasional. Sementara hingga bulan Mei 2018 jumlah publikasi internasional mencapai 50.

Sementara untuk publikasi nasional terakreditasi pada 2016 berjumlah 9 judul, pada 2017 naik menjadi 31 judul dan pada 2018 baru dua judul.

"Kita terus berupaya agar jumlah publikasi terus bertambah sehingga menjadi bahan pembelajara terbaru," kata dia.*
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar